Unit kegiatan Mahasiswa Islam ini merupakan kegiatan yang bersifat Religi, mempelajari dan meperdalami keislaman, kegitan-kegiatan yang sering di selenggarakan adalah peringatan hari-hari besar Islam seperti Maulid Nabi, Bulan Puasa, Hari Raya Idul Adha, Hari Raya Qur’ban. Seperti unit kegiatan yang lain UKMI (Unit Kegiatan Mahasiswa Islam) juga sangat bagus untuk peningkatan skill religi dan pengetahuan berorganisasi. Adapun beberapa prestasi yang pernah di torehkan oleh teman-teman UKMI adalah :
  • LDK teladan se Wilayah III (Jatim, Madura, Bali, Nusa Tenggara)
  • Tuan Rumah FSLDK (Latain kepemimpinan dan management da’wah) sewilayah III
  • Utusan Jawa Timur dalam Menyumbangkan pikiran saat dialog pemuda Internasional (tragedy Bosnia Herzegovina) dimasjid Selman ITB Bandung
  • Tuan Rumah FSLDK se Malang Raya.
  • Unit Kegiatan Mahasiswa Jubelee adalah persatuan Mahasiswa yang bernaung di bawal lembaga pendidikan Universitas Merdeka Malang, yang bersitaf kerohanian Kristen Protestan, organisasi ini menyatukan mahasiswa yang beragama Kristen protestan untuk mencapai tujuan yang sama, mempelajari agama secara bersama-sama. Ada banyak kegiatan yang di lakukan oleh UKM Jubelee di antaranya peringatan hari-hari besar agama Kristen Protestan dan beberapa kegiatan yang di disusun oleh pengurus UKM Jubelee seperti kegiatan Ulang tahun UKM Jubelee, nyanyi bersama, perayaan hari-hari besar dll. Dalam organisasi ini sangat baik untuk berkumpul, mempelajari agama Kresten Protestan dan sangat bagus jaga untuk mengembangkan skill dalam berorganisasi, skill leadership.

    Ketua : Yurio Yansa Sunaryo
    Unit Kegiatan Mahasiswa Katolik merupakan salah satu lembaga keagamaan yang berada di Universitas Merdeka Malang, organisasi yang bergerak di bidang kerohanian yang mengakui salib sebagai simbol kemerdekaan hidup ini mempunyai kegiatan yang berhubungan dengan agama Katolik dan beberapa kegitan yang sudah di program oleh pengurus UKM-K seperati BINTALWAKA, peringatan Natal, dan beberapa peringatan hari besar Katolik lainnya. Unit Kegiatan Mahasiswa Katolik (UKM-K) ini sudah berjalan sejak tahun 1987 tepatnya pada tanggal 31 Juli, hingga saat ini kegiatan kerohanian Katolik ini terus berjalan dengan baik walaupun setiap tahun berganti kepengurusan tidak pernah menjadi penghalang dalam menjalankan kegiatan. Unit ini sangatlah baik untuk memperdalam agama Katolik dan sangat baik untuk belajar berorganisasi yang nantinya akan menyongsong masa depan kita.
    Unit Kegiatan Mahasiswa Hindu Dharma Wijaya Taruna Cakti merupakan UKM yang bergerak dalam keagamaan Hindu. Namun, UKM Hindu tidak hanya melakukan kegiatan keagamaan saja akan tetapi juga meliputi bhakti sosial, keorganisasian dan beberapa kegiatan positif lainnya, ada banyak kegiatan yang diprogramkan oleh pengurus UKM Hindu diantaranya Nyepi, Bakti Sosial, Diesnatalis dll. UKM Hindu ini juga pernah berprestasi diantaranya adalah : Juara III Lomba Cane dalam rangka perayaan hari Raya Nyepi yang diselenggarakan oleh UKM Hindu IMHD (Ikatan Mahasiswa Hindu Darma) Top skor tournament Futsal Unikahidha Cup yang diselenggarakan UKM Hindu Unikahidha (Unit Kerohanian Hindu Dharma).

    Ketua : Gede Suwirya Utama
    Unit kegiatan Mahasiswa Pencinta Alam yang di kenal dengan sebutan UKM IMAPALA (Ikatan Mahasiswa Pencinta Alam) Universitas Merdeka Malang, Unit kegiatan ini merupakan wadah untuk menampung mahasiswa Pencinta Alam agar bisa mengekpresikan hobinya sehingga mampu menjadi pencinta alam yang sejati. Ada banyak kegiatan yang di rancang oleh pengurus UKM IMPALA diantaranya diesnatalis, Penaklukan beberapa gunung tertinggi di Indonesia, dan beberapa kegiatan yang mendukung untuk menjadi pecinta alam yang sejati. Ada banyak prestasi yang di raih oleh IMAPALA Universitas Merdeka Malang diantaranya adalah juara 1 lari marathon Internasional 2013. Adapun Sekretariat UKM IMAPALA berada di gedung Student Center Universitas Merdeka Malang yang bertempat di samping Balai Merdeka (BM) Unmer Malang

    Ketua : Sandra Aris P.
    Pemerintah memberlakukan wajib latih (WAKA) bagi setiap angota mahasiswa yang memenuhi syarat mengikuti latian kemiliteran dan menginstruksikan untuk membentuk Resimen mahasiswa. Pertumbuhan Resimen mahasiswa diseluruh Indonesia adalah berbeda satu sama lainnya, sebagian besar kelahirannya didaerah mendapat bantuan sepenuhnya dari para penglima ABRI dan Pemerintah daera setempat. Di Universitas Merdeka Malang Resimen mahasiswa dikenal dengan sapaan Satuan 808 Universitas Merdeka Malang.

    Disamping itu, Satuan 808 merupakan wadah bagi mahasiswa Universitas Merdeka Malang untuk menuangkan bakatnya di bidang kemilitiran, anggota Satuan 808 akan di latih tentang kedisiplinan sebagaimana yang di terapkan oleh tentara Indonesia, tidak hanya itu Satuan 808 juga merupakan tempat berorganisasi yang baik karena anggota tidak hanya di tuntut menjadi meliter akan tetapi juga di tuntut untuk menjadi mahasiswa intelektual.

    Ketua : Ach. Jamali
    Unit kegiatan mahasiswa Korps Sukarela merupakan unit kegiatan mahasiswa yang bergerak di bidang kesehatan dan kemanusiaan, kegiatan yang dilakukan antara lain membentuk TIM siaga bencana, turun langsung sebagai sukarelawan dalam bencana alam, mengadakan pengobatan gratis dan bhakti sosoal serta pelatihan-pelatihan bencana dan kesehatan bahkan secara rutin mengadakan kegiatan donor darah yang bekerjasama dengan PMI (Palang Merah Indonesia) Kegiatan kegiatan yang sering di lakukan oleh Unit Kegiatan Mahasiswa KSR ini meliputi turun langsung membantu bencana yang terjadi baik di Indonesia maupun di luar negeri, tidak hanya itu pelatihan pencegahan bencana selalu di selenggarakan secara rutin bahakan pelatihan lider agar bisa menjadi relawan yang sejati yang tidak hanya mengandalkan kemampuan orang lain tapi mampu berdiri pada kemampaunnya sendiri selalu ditanamkan kepada anggora. Adapun sekretarian UKM KSR unmer malang adalah di JL. Terusan Raya Dieng 57 Balai Merdeka di Universitas Merdeka Malang.

    Ketua : Romanus Loyi Werang
    Unit Kegiatan Mahasiswa Radio merupakan wadah untuk menampung bakat dan minat mahasiwa di bidang education, broadcasting, dan entertaint. Unit Kegiatan Radio Bhiga FM bergerak di dunia kepenyiaran dan even organizer, sehingga setiap anggota tidak hanya bisa belajar tentang cara siaran yang baik dan benar akan tetapi bisa memperdalam cara membuat event, menjadi lider dll.

    Unit Kegiatan Radio ini biasa di kenal dengan sebutan BHIGA FM (Birawa Anuraga) dan pada tahun 2007 setelah semua crew berusaha dengan keras Bhiga FM berubah menjadi PT. BHIRAWA ANURAGA (BHIGA FM 92.50) yang kemudian Unit Kegiatan Mahasiswa diganti dengan sebutan BETA FM 107.20. dan pada tahun 2013 diresmikan lagi Unit Kegiatan Mahasiswa dengan nama BHIGA FM.

    Sekretarian Uniat Kegiatan Mahasiswa Radio ini bertempat di JL. Terusan Raya Dieng 57 Besment Gedung D3 Informatika di Universitas Merdeka Malang dan kegiatan keseharian yang sering di lakukan adalah kegiatan On-air serta Off-air

    KETUA : Liska Ayu Puji Lestari
    Unit Kegiatan Mahasiswa ini bergerak di bidang seni Photography, UKM Bidik merupakan wadah bagi mahasiswa untuk meningkatkan kemampuannya untuk menjadi Fotografer yang memiliki keahlian tinggi serta menghasilkan karya indah dan bisa berkarir. Unit Kegiatan Photography Unmer Malang mempunyai banyak kegiatan yang menunjang para anggota terus bisa berkreasi seperti hunting foto, belajar bersama dll.

    Tidak cukup hanya berkarya, dalam organisasi photography ini kita bisa belajar berorganisasi dan menjadi liderdalam setiap kegiatan serta para pengurus menyelenggarakan pameran sebagai wadah bagi anggota untuk bisa mengekpresikan karyanya. Adapun sekretariat UKM Bidik di Jl. Terusan Raya Dieng 57 Besment Gedung D3 Informatika di Universitas Merdeka Malang

    Ketua : Septian Arif Setia Wardhana
    Akhir akhir ini, film-film Indonesia terjebak pada tema percintaan dan tema horror, ditengah keseragaman tema tersebut film indie dapat menjadi sebuah tontonan alternatif diantar film film komersial yang ada, dengan kemajuan teknologi informasi seperti sekarang kemajuan film dalam segi koalitas sangatlah bagus dan sangat memudahkan untuk mendapatkan alat. Unit kegiatan ini menampung mahasiswa yang gemar dan berminat mengasah kemampuannya di bidang perfilman baik dalam penulisan scenario, penyutradaraan, acting, cameramen dll.
    </brUnit kegiatan ini disamping memproduksi film juga bagus dalam pengembangan relasi karena tidak hanya fokus untuk memproduksi saja akan tetapi UKM Film juga aktif mengikuti lomba dan pelatiahn film di luar kampus sehingga sangat bagus untuk berbagi pengalaman dan menjalin hubungan baik dengan perkumpulan Pecinta film lainnya.

    Ketua : Aidil Ikbal
    Unit Kegiatan Mahasiswa Seni yang biasa dikenal dengan sebutan KOMSEN 69 merupakan wadah yang menampung bakat dan minat mahasiswa Universitas Merdeka Malang yang bergerak di bidang kesenian, UKM KOMSEN ini mempunyai 3 divisi utama yaitu divisi Teater, divisi music, divisi Rupa, disamping itupula komunitas seni ini menganut paham art community, social living, strong studio, balancing program, and positifve thingking.

    Sekretariat Unit Kegiatan Mahasiswa seni (KOMSEN) berada di Gedung Student Center Universitas Merdeka Malang yang bertempat di samping Balai Merdeka (BM) Unmer Malang. Ada banyak kegiatan yang telah di lakukan oleh KOMSEN diantaranya proses home recording yang di lakukan di studio 69 KOMSEN Universitas Merdeka Malang.

    Link video performance KOMSEN 69
    http://www.youtube.com/watch?v=vtNR7x60PNQ
    http://www.youtube.com/watch?v=vYmlsepUXDQ&featufe=related
    http://www.youtebe.com/watch?v=nq30tA47Bag&featere=related

    ketua : pandu Pratama Idris
    Unit kegiatan ini merupakan kegiatan pers mahasiswa satu-satunya yang ada di Universitas Merdeka Malang, pada tanggal 18 juli 1985 UKM Civitas merupakan lembaga pers kampus yang berada dibawah naungan langsung birokrasi, civitas merupakan Unit kegiatan yang menjadi wadah bagi mahasiswa yang berninat dan berbakat di bidang kepenulisan, karikatur, layout dll. Para anggota dididik agar bisa mempunyai kemampuan yang luar biasa sehingga bisa menjadi mahasiswa berguna bagi bangsa dan Negara.

    Adapun kegiatan yang sering dilaksanakan oleh Lembaga Pers Mahasiswa (LPM) Civitas antara lain adalah pelatihan dasar kepenulisan, pelatihan lanjutan, penerbitan MAJALAH, TABLOID, dan WARTA BASTMENT. Tidak hanya di bidang kepenulisan acara perayaan dies natalis dan latihan bersama dengan LPM lain di Indonesia juga tidak pernah dilewati.

    Ketua : Moh. Iqbal
    Unit kegiatan mahasiswa paduan suara, Bahana Suara Merdeka (BSM) merupakan kegiatan yang bergerak di bidang tarik suara, mahasiswa yang berminat dan berbakat di bidang paduan suara bergabung di unit kKegiatan ini sehingga bisa belajar secara bersamaan untuk meningkat kemampuan para peserta, tidak hanya itu pengajar paduan suara berasal dari tenaga berpengalaman dibidangnya.

    UKM BSM dibentuk untuk memenuhi tugas-tugas internal yakni mengisi acara-acara protokoler Universitas Merdeka Malang seperti Wisuda, Promosi Doktor, dan pengukuhan guru besar. Tidak hanya itu BSM juga sering mengikuti ajang lomba baik regional, nasional dan Internasional. Beberapa prestasi yang sudah diraih antara lain :
    1. Juara I LPS antar Perguruan Tinggi
    2. Juara II LPS Se Jawa Bali
    3. Juara II LPS antar perguruan tinggi di Jawa Timur.
    4. Juara harapan III LPS memperebutkan Piala Presiden Soeharto
    5. Juara Harapan II Lomba “Jingle Pajak”
    6. Juara III Lomba Paduan Suara “Sparkling Christmas”

    Ketua : Yoachina Wahi Septiani W.
    Unit Kegiatan Mahasiswa Bola Basket Meruapakan Unit Pengembangan bakat dan minat Mahasiswa dibidang olahraga berupa Bola Basket, banyak prestasi yang di ukir oleh Unit Kegiatan Mahasiswa Bola Basket mulai dari tingkat regional Malang, Jawa Timur serta Nasional seperti Galatama maupun Kobatama, berbagai juara di LA kampus dll. Usaha keras dan latiahan secara pribadi, bersama team maupun dengan team Bima Sakti yang kebanyakan anggotanya berasal dari alumni Basket Unmer Malang kerap kali di lakukan sehingga kemampuan anggota terus meningkat.

    Basket Universitas Merdeka Malang biasa di latih oleh tenaga professional NBL (National Basketball League) atau yang dulu sering di sebut IBL (Indenesia Basketball League). Sedangkan sekretariat UKM Bola Basket bertempat di Jl. Terusan Raya Dieng 57 Besment Gedung D3 Informatika di Universitas Merdeka Malang.

    Ketua : Hendrika Hutami S.
    Unit Kegiatan Mahasiswa Sepak Bola merupakan perkumpulan mahasiswa yang berminat dan berbakat di bidang Sepak Bola, Olahraga ini merupakan salah satu sarana pengembangan kemampuan mahasiswa Universitas Merdeka di bidang olahraga, ada banyak kegiatan dan kompetisi yang di ikuti oleh Unit Kegiatan Mahasiswa ini, di antaranya kompetisi tingkat Regional, Nasional. Beberapa prestasi yang di torehkan oleh UKM Sepak Bola ini adalah Juara 1 Kompotisi divisi II liga persema PSSI kota Malang, Berhasil Naik di Kompetensi divisi Liga Persema, serta juara futsal se-Malang Raya.

    Kegiatan rutin yang biasa di lakukan oleh Unit kegiatan Mahasiswa Sepak Bola adalah latihan bersama, pengadaan acara serta beberapa ivent olahraga Sepak Bola baik di tinggkat SMA maupun Mahasiswa. Adapun Sekretariat UKM Sepak Bola berada di gedung Student Center Universitas Merdeka Malang yang bertempat di samping Balai Merdeka (BM) Unmer Malang

    Ketua : Juanico Coli Chepada
    Unit kegiatan Mahasiswa Karate (UKM KKI) adalah kegiatan mahasiswa Kerate (Kushin Ryu Karate- DO Indonesia) yang bergerak di bidang olahraga beladiri Karate yang ada di Universitas Merdeka Malang. Ada banyak kegiatan yang sering di lakukan oleh UKM KKI diantaranya adalah latihan rutin, latihan bersama unit lain, mengikuti berbagai ivent baik regional maupun nasional, hal ini guna untuk meningkatkan kreatifitas dan kemampuan mahasiswa yang bergabung di UKM KKI Universitas Merdeka Malang.

    UKM KKI Unmer Malang Mempunyai 7 anggota yang sudah bisa meraih sabuk hitam (Messahi) dan satu orang sensei (guru Besar), tidak hanya itu Unit Kegiatan Mahasiswa KKI ini juga mempunyai beberapa prestasi yang diraih diantaranya adalah : Juara 2 Kumete Perorangan Putri pada Pekan Olahraga Mahasiswa Surabaya. Juara 3 Kumete Perorangan Putra Pada Kejurda Ucwala Cup Piala Danyon 502 Malang Juara III Kejurnas Karate Malang Open V 2013 Ketua : Wahyudin
    Capoeira Merupakan seni bela diri yang berkembang pada abad ke 18 di Brazil. Capoeira memadukan beladiri dengan unsur tarian dan musik yang akhirnya menjadi kebudayaan unik tersendiri di negara asalnya Brazil. Dulunya Capoeira merupakan salah satu alat yang di gunakan para budak Afrika untuk memerdekakan diri dari pejajahan Portugis, pada saat itu Capoeira murni beraliran beladiri. Seiring dengan berjalannya waktu beladiri Capoeira bercampur dengan kebudayaan masyarakat Brazil yang sangat menggemari music dan tarian sehingga dalam Capoeira mulai muncul unsur seni yang dipadukan dalam ilmu beladirinya.

    Terlihat mahasiswa Universitas Merdeka Malang banyak yang berminat untuk belajar beladiri Capoeira kemudain salah satu anggota Capoeira Zalzala Malang mendirikan Unit Kegiatan Mahasiswa Capoeira di Universitas Merdeka Malang. UKM Capoeira ini tidak hanya belajar beladiri tapi didalamnya terletak unsur kedisiplinan, pembelajaran keorganisasian, dan penyelenggaraan kegiatan-kegiatan yang begengsi.

    Ada banyak kegiatan yang di susun oleh pengurus UKM Capoeira diantaranya latiahan rutin, latihan bersama, berapartisipasi dalam ivent bergengsi di Capoeira dan beberapa kegiatan internasional yang didatangi oleh guru besar dari Brazil.
    Unit Kegitan Taekwondo merupakan Lembaga kemahasiswaan yang bergerak di bidang olah raga beladiri Taekwondo, yang merupakan gabungan dari teknik perkelahian, beladiri, seni, olahraga, olah tubuh, hiburan dan filsafat. Banyaknya peminat dari taekwondo yang ada di Unversitas Merdeka Malang menyong oraganisasi UKM Taekwondo terus meningkat dan selalu di minati oleh masyarakat.

    Organisasi ini tidak hanya mengedepankan latihan di dalam akan tetapi menjalin persahabatan dalam setiap event tryout triwulan, kejuaraan serta kompetisi –kompetisi lainnya baik kejuaraan tingkat regional, nasional dan internasional.

    Ketua : Muhammad Effendi
    Unit kegiatan Mahasiwa Bartending ini dibentuk oleh mahasiswa Universitas Merdeka Malang Jurusan Perhotelan, UKM Bartending diadakan untuk menambah wawasan mahasiswa di bidang perhotelan dan bisa lebih mengenal dunia Bartending sehingga mampu membentuk mahasiswa yang siap bekerja terutama di bidang Bar. Adapun pengetahuan yang akan di peroleh dari Unit Kegiatan ini yaitu seni Juggling/Flairing, pengetahuan minuman (Cocktail, Mocktail dll.) serta Mixiologi. Dengan berdirinya Unit Kegiatan ini diharap akan banyak mahasiswa dengan berbagai jurusan yang mempelajari dunia Bar sehingga mamperluas wawasan dalam segi posotif di dunia Bar.

    Kegiatan yang sering di lakukan oleh UKM Bartending ini adalah latihan Jugling 3 kali dalam seminggu serta akan mendapat mareri Juggling dan pengetahuan didunia Bar meliputi jenis minuman dll. Sedangkan diklat Bartending dan beberapa ivent bergengsi baik berupa lomba maupun perfom di Bar selalu di ikuti.

    Ketua : Nanang Agus Stiyono
    Unit Kegiatan Mahasiswa (UKM) Bulutangkis merupakan wadah bagi mahasiswa Universitas Merdeka Malang untuk mengembangkan bakat dan minat khususnya di bidang Bulutangkis, UKM ini menyediakan beberapa akses yang bisa di gunakan oleh angota seperti lapangan, wadah untuk latihan dan beberapa alat pembantu yang sudah ada. Kegiatan rutin yang sering di lakukan oleh UKM Bulutangkis diantaranya : penerapan latihan fisik, penerapan teknik, dan games.

    Ada banyak kegiatan yang memotivasi diantaranya seperti kejuaraan Rector Cup dan mengikuti bebebrapa kegiatan di luar Unmer Malang misalnya kejuaraan Parda Jatim Kejuaraan Brawijaya Cup dan kejuaraan regional, nasional dan internasional serta merupakan anggota aktif dalam Perkumpulan Pebulutangkis Kombad (Komunitas Badminton) bahakan sering juga mengadakan latihan perhasabatan.

    Ketua : Jessy Gan Matoko
    Unit Kegiatan Mahasiswa Shironji Kempo merupakan salah satu Unit yang ada di bawah naungan Universitas Merdeka Malang, UKM ini merupakan wadah seni beladiri yang berasal dari Jepang dan merupakan seni beladiri yang dipakai oleh biksu-biksu yang ada di Jepang. Didirikan UKM Kempo adalah untuk mengembangkan kemampuan mahasiswa yang berminat dan berbakat di bidang seni beladiri Kempo.

    UKM Shorinji Unmer Malang sampai sekarang terus berkembang dan eksis di dunia kempo di Indonesia, hal ini terbukti dari ditorehkannya beberapa prestasi kejuaraan oleh kenshi (sebutan orang yang menggeluti seni beladiri kempo). Adapun lokasi Sekretariat UKM Shiroji Kempo terletak di Gedung Student Center Universitas Merdeka Malang yang bertempat di samping Balai Merdeka (BM) Unmer Malang

    Ketua : Martha Wahi Septiani W.
    Organisasi persaudaraan setia hati terate ikut mendidik manusia yang berbudi luhur tahu benar dan salah serta ikut memayu hayuning bawono juga mengajarkan bela diri pencak silat dimana didalamnya terkandung unsur-unsur olahraga, seni beladiri dan merupakan seni budaya bangsa Indonesia yang perlu di kembangkan dan dilestarikan.

    Unit kegiatan mahasiswa PSHT Universitas Merdeka Malang terus mendidik dan mengembangkan kreatifitas mahasiswa yang berminat dan berbakat di bidang pancak silat sehingga tidak hanya mengandalkan kekuatan tapi menggabungkan teknik bela diri dan kematangan emosi. Ada banyak kegiatan yang dilaksanakan mulai dari latihan rutin, latiahan bersama, dan mengikuti serta mengadakan beberapa ajang bergengsi seperti lomba tingkat egional, nasional dan internasional.
    Unit Kegiatan Mahasiswa Catur merupakan kegiatan mahasiswa yang didirikan untuk menampung mahasiswa yang berminat dan berbakat di bidang olahraga catur, banyak kegiatan yang dilaksanakan oleh UKM Catur di antaranya mengadakan latiahan bersama dan mengikuti berbagai perlombaan sebagai bentuk evaliasi dari hasil latihan yang dilakukan. Adapun prestasi yang di raih oleh Unit Kegiatan Mahasiswa Catur antara lain :
    1. Juara Turnamen Catur Nasional “PETROCHINA CUP” Bojonegoro
    2. Juara 1 Pra kejurda catur malang
    3. Juara 2 beregu kejurda catur papua 2010
    4. Juara 2 olimpiade catur kota malang
    5. Juara 3 turnamen catur nasional “SHS CUP” Tondano, Sulut
    6. Juara 3 Perorangan catur klasik PORPROV 11 JATIM
    7. Juara 3 turnamen catur junior kabupaten malang
    8. Juara 3 ternamen catur berpasangan JTI Fair
    9. Juara 2 catur pada acara Pekan Olahraga Mahasiswa Nasional (POMNAS) 2013

    10. Ketua : Kurnniawan yusuf Ghazali
    ×

    Chat Me

    × How can I help you?