Visi Misi Universitas Merdeka Malang

1. Visi

  1. Menjadi Universitas Terkemuka Berskala Nasional dan Internasional. Universitas Merdeka Malang sebagai Pendidikan Tinggi memiliki komitmen yang tinggi untuk mewujudkan reputasi yang unggul, setara dengan PTN dan/atau PTS terkemuka dalam kegiatan Tri Dharma Perguruan Tinggi. Terkemuka mempunyai makna memiliki peringkat unggul baik pada skala regional, nasional sampai internasional. Indikator yang digunakan adalah capaian peringkat akreditasi (Program Studi dan Institusi), Regional (anugerah kampus unggul kopertis), Nasional (peringkat Perguruan Tinggi oleh Kemenristek DIKTI, Peringkat Kluster DP2M) dan Peringkat Internasional (webometrics, 4ICU, citation google ranking, reputasi publikasi ilmiah).
  2. Menjadi Pusat Pengembangan SDM Seutuhnya. Universitas Merdeka Malang menjadi pusat pengembangan SDM seutuhnya berkomitmen menghasilkan  SDM alumni yang menguasai ilmu, keterampilan sesuai bidang ilmunya serta memiliki soft skill yang baik. Komitmen ini diperkuat dengan upaya pengembangan Tenaga Pendidik (dosen)  dan tenaga Kependidikan guna meningkatkan kualitas penyelenggaraan kegiatan akademik dan penunjang akademikdalam kerangka pengembangan  Tridharma Perguruan Tinggi. Upaya peningkatan kualitas dan kuantitas tenaga pendidik dan kependidikan dilakukan secara sistematis melalui pengembangan program yang dijamin mutunya oleh Badan Pengembangan Pendidikan dan Penjaminan Mutu (BP3M) Universitas Merdeka Malang. Pengembangan SDM tenaga pendidik dan kependidikan merupakan konsekuensi logis peningkatan kualitas kegiatan Tridhama Perguruan Tinggi sebagai upaya mencapai peringkat unggul pada tahun 2035. Pengembangan SDM (Civitas Academica) seutuhnya di UNMER Malang dilakukan dengan mengembangkan semangat “Bhirawa Anoraga” yang bertujuan mencetak SDM yang Perkasa (profesional, mumpuni keilmuan dan keahliannya), namun tetap rendah hati (yang didasari dan dilandasi dengan ketaqwaan kepada Tuhan Yang Maha Esa). Pembinaan watak dan karakter menjadi ciri kegiatan pengembangan SDM seutuhnya di Universitas Merdeka Malang. Pembinaan ketaqwaan kepada Tuhan Yang Maha Esa bagi mahasiswa dilakukan melalui berbagai kegiatan kurikuler (pendidikan Agama, Pancasila dan Kewarganegaraan) maupun kegiatan ekstra kurikuler melaui kegiatan pembinaan mental, pendalaman agama, maupun kegiatan lainnya.
  3. Mewujudkan SDM yang Berjiwa Wirausaha. Pengembangan kemandirian dan Kewirausahaan menjadi ciri alumni UNMER Malang masih relevan dalam era global.  Mencetak SDM yang berjiwa wirausaha mengandung pemahaman bahwa SDM yang dihasilkan memiliki kompetensi yang tinggi di bidang keilmuannya, kompetitif di dunia kerja sesuai bidang keahliannya, memiliki jiwa bertanggung jawab, jujur, inovatif, memiliki inisiatif, bekerja keras, profesionalserta mandiri. Mahasiswaselain ditempa dalam kegiatan akademik, dilakukan juga melalui kegiatan-kegiatan pengembangan softskilluntuk menumbuhkembangkan jiwa wirausaha (bertanggung jawab, jujur, inovatif, memiliki inisiatif, bekerja keras, profesional serta mandiri) baik tingkat Program Studi, fakultas maupun di tingkat Universitas melalui kegiatan pengembangan soft skills oleh Pusat Karier.
  4. Pencapaian Visi. Sesuai dengan tahapan pengembangan Universitas Merdeka Malang, saat ini memasuki tahapan Equality, sebagai modal utama menuju tahap Outstanding. Tahap pencapaian Outstanding ini bermakna seluruh unit harus sudah memiliki kualitas penyelenggaraan yang sangat baik secara nasional dan memiliki reputasi internasional. Pada tahapan ini ditandai dengan pencapaian peringkat tertinggi untuk Akreditasi Institusi yang diikuti dengan peningkatan pencapain peringkat tertinggi di Program Studi, peningkatan peringkat Anugerah Kampus Unggulan, peringkat perguruan tinggi secara nasional dan telah berkiprah di jajaran internasional.

2. Misi Universitas Merdeka Malang.

  1. Menyelenggarakan program pendidikan tinggi yang berkualitas pada jenis program pendidikan akademik, vokasi dan profesi untuk menghasilkan lulusan yang kompeten pada bidang keahliannya, berjiwa wirausaha danberdaya saing internasional.
  2. Menyelenggarakan kegiatan penelitian dan pengabdian kepada masyarakat serta publikasi ilmiah untuk mendorong peningkatan image dan reputasi lembaga serta terciptanya suasana akademik yang kondusif bagi terselenggaranya institusi pendidikan yang memiliki reputasi Nasional dan Internasional.
  3. Melaksanakan tatakelola universitas  yang berbasis Sistem Informasi Manajemen  sebagai Decision Support System (DSS) untuk mewujudkan Sentralisasi Administrasi dan Desentralisasi Akademik (SADA)yang menganut prinsip-prinsip tata kelola perguruan tinggi yang baik (good university governance).
  4. Menjalin kerjasama-kemitraan dengan institusi lain di dalam maupun di luar negeri dengan prinsip kesetaraan, dalam rangka mewujudkan institusi pendidikan yang memiliki reputasi nasional dan internasional.