DIPLOMA-III AKUNTANSI DAN PERPAJAKAN

Program Studi Akuntansi & Perpajakan terakreditasi “B” berdasarkan SK BAN-PT No : 450/SK/BAN-PT/Akred/Dpl-III/XI/2014 berlaku hingga 14 November 2019, Untuk Keterangan Lebih Lanjut Silahkan Klik Disini

Visi Program Studi

Menjadi program studi yang terkemuka di bidang akuntansi dan perpajakan, serta dalam pengembangan SDM seutuhnya yang berjiwa wirausaha pada skala nasional dan internasional.

Misi Program Studi

  1. Menyelenggarakan program pendidikan tinggi yang berkualitas pada jenis program pendidikan vokasi untuk menghasilkan lulusan yang kompeten pada bidang akuntansi dan perpajakan, berjiwa wirausaha dan berdaya saing nasional dan internasional.
  2. Menyelenggarakan kegiatan penelitian dan pengabdian kepada masyarakat serta publikasi ilmiah untuk mendorong peningkatan image dan reputasi lembaga serta terciptanya suasana akademik yang kondusif bagi terselenggaranya institusi pendidikan yang memiliki reputasi nasional dan internasional.
  3. Melaksanakan tata kelola program studi yang berbasis Sistem Informasi Manajemen  sebagai Decision Support System (DSS) untuk mewujudkan Sentralisasi Administrasi dan Desentralisasi Akademik (SADA) yang menganut prinsip-prinsip tata kelola perguruan tinggi yang baik (good university governance).
  4. Menjalin kerjasama-kemitraan dengan institusi lain di dalam maupun di luar negeri dengan prinsip kesetaraan, dalam rangka mewujudkan institusi pendidikan yang memiliki reputasi nasional dan internasional.

Tujuan Program Studi

Sebagaimana uraian Visi dan Misi Pengembangan Program Studi di atas, maka tujuan pengembangan program studi berdasarkan Renstra dapat dibedakan dalam 2 tujuan utama, tujuan jangka panjang (sampai tahun 2035) dan tujuan jangka menengah (sampai tahun 2025).

  1. Tujuan Jangka Panjang Program Studi sebagaimana tertuang dalam Visi yakni Mewujudkan Program Studi yang terkemuka dalam bidang akuntansi dan perpajakan, serta pengembangan SDM seutuhnya yang berjiwa wirausaha skala nasional dan internasional pada tahun 2035.
  2. Tujuan Jangka Menengah adalah mewujudkan Program Studi sebagai program studi yang setara dengan program studi ternama dalam pengembangan SDM seutuhnya yang berjiwa wirausaha pada skala nasional.

Tujuan jangka menengah sebagaimana diamanahkan dalam rancangan pengembangan secara garis besar mencakup ketercapaian pengembangan sesuai dengan 4 pilar pengembangan pendidikan tinggi, sebagai berikut:

  1. Meningkatkan kualitas penyelenggaraan program studi pada jenis program vokasi dan profesi untuk menghasilkan lulusan yang kompeten pada bidang keahliannya, berjiwa wirausaha, dan berdaya saing nasional.
  2. Meningkatkan kuantitas dan kualitas penelitian dan pengabdian kepada masyarakat serta publikasi ilmiah untuk mencapai kluster mandiri dan  mendorong peningkatan image dan reputasi lembaga guna terciptanya suasana akademik yang kondusif bagi terselenggaranya institusi pendidikan  yang memiliki reputasi nasional.
  3. Meningkatkan kualitas tata kelola lembaga menuju ”Good University Governance” yang berbasis Sistem Informasi Manajemen  sebagai Decision Support System (DSS) untuk mewujudkan Sentralisasi Administrasi dan Desentralisasi Akademik (SADA).
  4. Meningkatkan kuantitas dan kualitas kerjasama-kemitraan dengan institusi lain dengan prinsip kesetaraan, dalam rangka mewujudkan institusi pendidikan yang memiliki reputasi nasional.

KEUNGGULAN

  • Membekali lulusan dengan kemampuan softskill, baik yang terintegrasi dalam perkuliahan maupun terprogram secara khusus
  • Menambahkan kompetensi perpajakan dalam kurikulum, sehingga lulusan memenuhi kualifikasi bidang pajak yang dibutuhkan perusahaan (pengguna kerja)
  • Setiap mahasiswa difasilitasi dengan kemampuan brevet pajak
  • Menyediakan akses dengan dunia kerja melalui bursa kerja online
  • Mengakomodir lulusan yang melanjutkan kejenjang S1
  • Memberikan pembekalan dan pendampingan dalam proses job hunting

FASILITAS PENDUKUNG

    • Lab Statistik deskriptif
    • Pengantar Akuntansi I lab
    • Pengantar lab Akuntansi II
    • Lab Akuntansi Keuangan
    • Lab muka Finance Accounting
    • Akuntansi berbasis laboratorium komputasi
    • Lab Akuntansi Biaya
  • Audit dan lab perpajakan.

PELUANG KERJA

  1. Konsultan Pajak
  2. Kantor Pelayanan Pajak
  3. Akuntan Perusahaan
  4. Pegawai Departemen Keuangan
  5. Karyawan Perbankan Pemerintah
  6. Karyawan Perbankan Swasta
  7. Karyawan Lembaga keuangan
  8. Pegawai Negeri Sipil (PNS)
  9. Tenaga Pendidik
  10. Bursa Efek Idonesia
  11. Wirausaha Mandiri

KOSENTRASI: Perpajakan

PROGRAM AFILIASI

    • Pajak Korwil 12
    • BTN Perbankan
    • Depnaker Malang
    • Akuntan Publik
  • Badan Pasar Resmi Kota Malang

KOMPETENSI LULUSAN

Menghasilkan tenaga terampil dibidang Akuntansi dan Perpajakan yang memiliki kecakapan hardskill dan softskill untuk bekerja di bidang Akuntansi dan Perpajakan, serta memiliki kemampuan akademik untuk meningkatkan jenjang pendidikan yang lebih tinggi