PROFIL FISIP UNIVERSITAS MERDEKA MALANG



Sejarah Perkembangan FISIP

Universitas Merdeka Malang merupakan Perguruan Tinggi Swasta yang didirikan pada sejak tanggal 5 Juli 1964. Ini seperti tercatat dalam Akta Pendirian pada Kantor Notaris R. Soeratman. Kampus yang berada pada naungan Yayasan Perguruan Tinggi Universitas ‘Merdeka’ Pusat Malang (YPTMPM) ini didirikan oleh R. Edwin Soedardji, Soekiman Dahlan, SH., Frasnsiscus Soetrisno, Soegondo, Soetikno, SH., Dharma . Pada tahun 1972 nama YPTMPM diubah menjadi Yayasan Perguruan Tinggi Merdeka Malang, yang disingkat YPTM. Yayasan Perguruan tinggi Merdeka (YPTM) merupakan Yayasan swasta yang mengemban dua (2) fungsi utama, yaitu (1) fungsi pertahanan ideologi negara. Fungsi ini menuntut YPTM bertindak sebagai lembaga yang ikut serta dalam mempertahankan, mengamankan, mengamalkan Pancasila dan UUD 1945; (2) fungsi lembaga ilmiah yang melaksanakan Tri Dharma Perguruan Tinggi. Dalam rangka mengemban kedua fungsi tersebut, YPTM bersama dengan Universitas Merdeka Malang melakukan berbagai langkah pembenahan. Pada tahun 1983 kembali Yayasan dikukuhkan dengan Yayasan Perguruan Tinggi Merdeka.

Secara historis keberadaan Universitas Merdeka Malang tidak dapat dipisahkan dengan Kodam V Brawijaya. Hubungan YPTM dan Universitas Merdeka Malang dengan KODAM VIII/BRAWIJAYA merupakan bagain dari proses sejarah berdirinya YPTM. Konteks sejarah inilah yang pertama-tama mendasar hubungan antara YPTM dengan KODAM VIII/BRAWIJAYA. Di samping konteks kesejarahan, kesamaan misi dan fungsi yang diemban mendorong kerjasama antara YPTM dengan KODAM VIII/BRAWIJAYA sama mengemban fungsi memepertahankan, mengamankan, dan mengamalkan Pancasila dan UUD 1945. Universitas Merdeka Malang didirikan sebagai kubu pertahanan ideologi Pancasila, dan UUD tahun 1945. Atas permohonan Pendiri Yayasan Perguruan Tinggi Merdeka Malang, Kolone R. Edwin Soedardji kepada Pangkodam VIII/BRAWIJAYA, maka bertepatan dengan HUT Kodam VIII/Brawijaya yang ke XXIII tanggal 17 Desember 1968, Universitas Merdeka dinyatakan berinduk pada Slagorde KODAM VIII/Brawijaya (sekarang KODAM V/Brawijaya) bertindak selaku pembina utama dari Yayasan Perguruan Tinggi Merdeka Malang dan Universitas Merdeka Malang sedangkan untuk pelaksanaan tugasnya sehari-hari Universitas Merdeka Malang berada di bawah Pembina harian Komando Resort Militer 083/Bhaladhika Jaya, yang dalam hal ini Komandan Korem 083/Bhaladika Jaya adalah Ex-officio Pembina Harian Universitas Merdeka Malang.

Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik dibangun bersamaan dengan berdirinya Universitas Merdeka Malang. Berada di bawah nuangan Yayasan Perguruan Tinggi Merdeka yang didirikan secara resmi pada 5 Juli 1964, tiga fakultas didirikan yakni Fakultas Hukum dan Pengetahuan Masyarakat (FHPM), Fakultas Ekonomi (FE) dan Fakultas Sosial dan Politik. Kemudian Fakultas Teknik didirikan pada bulan Desember pada Tahun1964. Berdirinya FISIP makanya tidak terpisahkan dari sejarah pendirian dan perkembangan Universitas Merdeka Malang. Fakultas ISIP saat ini menaungi tiga program studi yakni Program Studi Administrasi Publik, Administrasi Bisnis dan Ilmu Komunikasi dan Program Diploma III Bahasa Inggris. Secara berturut keempatnya berdiri pada 5 Juli 1974, 16 Juli 1996, 26 Juli 1996, dan 9 Nopember 1999. Dengan kata lain, Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik didirikan tahun 1974 dengan Program Studi Administrasi Publik sebagai satu-satunya program studi yang dimiliki. Dua puluh tahun tahun kemudian tepatnya pada tahun 1996 lahir dua program studi yaitu Administrasi Bisnis dan Ilmu Komunikasi. Ini kemudian disusul dengan berdirinya program Diploma 3 Bahasa Inggris pada tahun 2009. Ketiga program studi dan program Diploma 3 Bahasa Inggris tersebut telah terakreditasi di Badan Akreditasi Nasional Pendidikan Tinggi.

VISI dan MISI FISIP UNIVERSITAS MERDEKA MALANG



Menjadi Fakultas terkemuka dalam pengembangan sumber daya manusia seutuhnya yang berjiwa wirausaha dalam skala nasional dan internasional
Penjabaran Visi Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik Universitas Merdeka Malang Visi Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik Universitas Merdeka Malang mengandung pemaknaan sebagai berikut:
    a. Menjadi Fakultas terkemuka berskala nasional dan internasional
Sebagai lembaga pendidikan tinggi, Fakultas ISIP Universitas Merdeka Malang memiliki komitmen yang tinggi untuk mewujudkan reputasi yang unggul dalam kegiatan Tri Dharma Perguruan Tinggi. Terkemuka berarti memiliki peringkat unggul baik pada skala regional, nasional sampai internasional. Hal ini diukur dari capaian peringkat akreditasi Program Studi dan reputasi publikasi ilmiah.
    b. Menjadi Pusat Pengembangan SDM seutuhnya<
Ini berarti FISIP berkomitmen menghasilkan SDM alumni yang menguasai ilmu, keterampilan sesuai bidang ilmunya serta memiliki soft skill yang baik. Komitmen ini, makanya harus didahului dengan memperkuat kapasitas individu Tenaga Pendidik (dosen) dan tenaga Kependidikan guna meningkatkan kualitas penyelenggaraan kegiatan akademik dan penunjang akademik. Pengembangan SDM (Civitas Academica) seutuhnya di fakultas ISIP Unmer Malang dilakukan dengan mengembangkan semangat “Bhirawa Anoraga” yang bertujuan mencetak SDM yang Perkasa (profesional, mumpuni keilmuan dan keahliannya), namun tetap rendah hati (yang didasari dan dilandasi dengan ketaqwaan kepada Tuhan Yang Maha Esa). Ini dilakukan lewat program pembinaan watak dan karakter mahasiswa melalui berbagai kegiatan kurikuler (pendidikan Agama, Pancasila dan Kewarganegaraan) maupun kegiatan ekstra kurikuler lewat kegiatan pembinaan mental, pendalaman Agama, maupun kegiatan lainnya.
    c. Mewujudkan SDM yang berjiwa wirausaha
Pengembangan mentalitas kemandirian dan Kewirausahaan merupakan ciri khas alumni Unmer Malang. SDM yang berjiwa wirausaha berarti SDM yang memiliki kompetensi yang tinggi di bidang keilmuannya, kompetitif di dunia kerja sesuai bidang keahliannya, memiliki jiwa bertanggung jawab, jujur, inovatif, memiliki inisiatif, bekerja keras, profesional serta mandiri. Ini dapat diwujudkan lewat kegiatan-kegiatan akademik (kegiatan belajar mengajar) serta kegiatan-kegiatan pengembangan soft skill untuk menumbuhkembangkan jiwa wirausaha (bertanggung jawab, jujur, inovatif, memiliki inisiatif, bekerja keras, profesional serta mandiri).  
  1. Misi Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik Universitas Merdeka Malang
    a. Menyelenggarakan program pendidikan tinggi yang berkualitas pada jenis program pendidikan akademik untuk menghasilkan lulusan yang kompeten pada bidang keahliannya, berjiwa wirausaha dan berdaya saing nasional dan internasional. Pengembangan kualitas SDM (Civitas Academica) seutuhnya dilakukan dengan mengembangkan semangat “Bhirawa Anoraga” yang bertujuan mencetak SDM yang Perkasa (profesional, mumpuni keilmuan dan keahliannya), namun tetap rendah hati (yang didasari dan dilandasi dengan ketaqwaan kepada Tuhan Yang Maha Esa). Ini dilakukan lewat program pembinaan watak dan karakter mahasiswa melalui berbagai kegiatan kurikuler (pendidikan Agama, Pancasila dan Kewarganegaraan) maupun kegiatan ekstra kurikuler lewat kegiatan pembinaan mental, pendalaman Agama, maupun kegiatan lainnya.
    b. Menyelenggarakan kegiatan penelitian dan pengabdian kepada masyarakat serta publikasi ilmiah untuk mendorong peningkatan image dan reputasi lembaga serta terciptanya suasana akademik yang kondusif bagi terselenggaranya institusi pendidikan yang memiliki reputasi Nasional dan Internasional.
    c. Melaksanakan tata kelola fakultas yang berbasis Sistem Informasi Manajemen sebagai Decision Support System (DSS) untuk mewujudkan Sentralisasi Administrasi dan Desentralisasi Akademik (SADA) yang menganut prinsip-prinsip tata kelola fakultas yang baik (good faculty governance).
    d. Menjalin kerjasama-kemitraan dengan institusi lain di dalam maupun di luar negeri dengan prinsip kesetaraan, dalam rangka mewujudkan institusi pendidikan yang memiliki reputasi nasional dan internasional.
 
  1. Tujuan Strategis Fakultas ISIP Universitas Merdeka Malang
Tujuan pengembangan Fakultas ISIP UNMER Malang dapat dibedakan dalam 2 Tujuan utama, tujuan jangka Panjang (sampai tahun 2035) dan Tujuan Jangka Menengah (sampai tahun 2025).
    a. Tujuan Jangka Panjang Fakultas ISIP Unmer Malang sebagaimana tertuang dalam Visi yakni Mewujudkan fakultas ISIP Unmer Malang menjadi fakultas terkemuka dalam pengembangan SDM seutuhnya yang berjiwa wirausaha skala nasional dan internasional pada tahun 2035.
    b. Tujuan Jangka Menengah adalah mewujudkan fakultas ISIP Unmer Malang sebagai fakultas yang setara dengan fakultas di perguruan tinggi ternama dalam pengembangan SDM seutuhnya yang berjiwa wirausaha pada skala nasional yang bereputasi internasional tahun 2025
Tujuan jangka menengah sebagaimana diamanahkan dalam rancangan pengembangan secara garis besar mencakup ketercapaian pengembangan sesuai dengan 4 pilar pengembangan pendidikan tinggi, sebagai berikut:  
  • Meningkatkan kualitas penyelenggaraan program pendidikan tinggi pada jenis program pendidikan akademik untuk menghasilkan lulusan yang kompeten pada bidang keahliannya, berjiwa wirausaha, dan berdaya saing internasional dengan melaksanakan program pembinaan watak dan karakter mahasiswa melalui berbagai kegiatan kurikuler (pendidikan Agama, Pancasila dan Kewarganegaraan) maupun kegiatan ekstra kurikuler lewat kegiatan pembinaan mental, pendalaman Agama, maupun kegiatan lainnya dalam rangka mengembangkan semangat “Bhirawa Anoraga” yang bertujuan mencetak SDM yang Perkasa (profesional, mumpuni keilmuan dan keahliannya), namun tetap rendah hati (yang didasari dan dilandasi dengan ketaqwaan kepada Tuhan Yang Maha Esa).
 
  • Meningkatkan kuantitas dan kualitas penelitian dan pengabdian kepada masyarakat serta publikasi ilmiah untuk mencapai kluster mandiri dan mendorong peningkatan image dan reputasi lembaga guna terciptanya suasana akademik yang kondusif bagi terselenggaranya isntitusi pendidikan yang memiliki reputasi nasional dan internasional.
  • Meningkatkan kualitas tata kelola lembaga menuju ”Good Faculty Governance” yang berbasis Sistem Informasi Manajemen sebagai Decision Support System (DSS) untuk mewujudkan Sentralisasi Administrasi dan Desentralisasi Akademik (SADA).
  • Meningkatkan kuantitas dan kualitas kerjasama-kemitraan dengan institusi di dalam maupun luar negeri dengan prinsip kesetaraan, dalam rangka mewujudkan institusi pendidikan yang memiliki reputasi nasional dan
 
  1. Sasaran Strategis Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik Universitas Merdeka Malang
Sesuai dengan visi, misi dan tujuan sebagaimana diuraikan di atas, sasaran pencapaian program pengembangan RENSTRA 2016-2025 adalah sebagai berikut:
  1. Sasaran dari tujuan meningkatkan kualitas penyelenggaraan program pendidikan tinggi pada jenis program pendidikan akademik untuk menghasilkan lulusan yang kompeten pada bidang keahliannya, berjiwa wirausaha, dan berdaya saing Internasional adalah:
    • Peningkatan kompetensi dan relevansi lulusan sesuai dengan perkembangan ilmu dan kebutuhan pengguna.
    • Rekonstruksi kurikulum
    • Peningkatan kualitas akademik dan profesi dosen dan perbaikan atmosfir akademik.
    • Pelaksanaan program pembinaan watak dan karakter mahasiswa melalui berbagai kegiatan kurikuler (pendidikan Agama, Pancasila dan Kewarganegaraan) maupun kegiatan ekstra kurikuler lewat kegiatan pembinaan mental, pendalaman Agama, maupun kegiatan lainnya dalam rangka mengembangkan semangat “Bhirawa Anoraga” yang bertujuan mencetak SDM yang Perkasa (profesional, mumpuni keilmuan dan keahliannya), namun tetap rendah hati (yang didasari dan dilandasi dengan ketaqwaan kepada Tuhan Yang Maha Esa).
   
  1. Sasaran dari tujuan meningkatkan kuantitas dan kualitas penelitian dan pengabdian kepada masyarakat serta publikasi ilmiah untuk mencapai kluster mandiri dan mendorong peningkatan image dan reputasi lembaga guna terciptanya suasana akademik yang kondusif menuju universitas yang terkemuka dan memiliki daya saing Internasional, adalah:
  • Peningkatan kemampuan dosen dan mahasiswa dalam melaksanakan kegiatan penelitian dan pengabdian masyarakat.
  • Peningkatan penyebarluasan hasil-hasil penelitian dan pengabdian kepada masyarakat
  • Peningkatan fungsionalisasi laboratorium dan pusat kajian sebagai penunjang kegiatan penelitian dan pengabdian kepada masyarakat
 
  1. Sasaran dari tujuan meningkatkan kualitas tata kelola lembaga menuju ”good faculty governance” yang berbasis Sistem Informasi Manajemen sebagai Decision Support System (DSS) untuk mewujudkan Sentralisasi Administrasi dan Desentralisasi Akademik (SADA), adalah sebagai berikut:
    • Kelengkapan kebijakan dan peraturan serta kode etik yang menjamin tatakelola yang kredibel, akuntabel, bertanggungjawab dan adil,
    • Peningkatan kualitas perencanaan dan evaluasi kinerja unit pelaksana tugas,
    • Penerepan secara menyeluruh SIM Akademik (SIAKAD), SIM SDM, SIM Penjaminan mutu, SIM keuangan
 
  1. Sasaran dari tujuan meningkatkan kuantitas dan kualitas kerjasama-kemitraan dengan institusi di dalam maupun luar negeri dengan prinsip kesetaraan, dalam rangka mewujudkan institusi pendidikan yang memiliki daya saing dan bereputasi internasional, adalah:
    • Peningkatan kualitas kerjasama dan kemitraan yang sudah ada dengan institusi pendidikan dan non pendidikan baik di dalam maupun luar negeri.
    • Pengembangan kerjasama dan kemitraan baru dengan institusi pendidikan dan non pendidikan dalam dan luar negeri.
  NILAI-NILAI FISIP UNIVERSITAS MERDEKA MALANG Spirit dan Nilai utama = “Bhirawa Anoraga” (Perkasa serta rendah hati): Profesional, mumpuni keilmuan dan keahliannya, serta tetap rendah hati yang didasari dan dilandasi dengan ketaqwaan kepada Tuhan Yang Maha Esa. NILAI-NILAI UNMERIAN (WARGA UNMER MALANG):
  • Kejujuran
  • Menjunjung Tinggi Kebenaran
  • Saling Percaya
  • Respect
  • Profesional
 
Selama kurun waktu tersebut, FISIP telah dipimpin oleh beberapa dekan sebagaimana berikut:

DOSEN FISIP UNIVERSITAS MERDEKA MALANG



DOSEN PROGRAM STUDI ADMINISTRASI PUBLIK
NO N A M A N I D N Jabatan akademik PENDIDIDKAN ASAL PT
1 Prof. Dr. H. A. Sholahuddin,MS 0721115801 Guru Besar S1 Univ. Jember
S2 Univ. Pajajaran
S3 Univ. Airlangga
2 Prof. Dr. H. Budi Siswanto,MSi 0001015001 Guru Besar S1 IKIP Malang
S2 Univ. Muhamadiyah Malang
S3 Univ. Airlangga
3 Prof. Dr..Bona Ventura Ngw, MS 0728065601 Guru Besar S1 Univ. Merdeka Malang
S2 Univ. Gajah Mada
S3 Univ Merdeka Malang
4 Drs. H.B. Noorsetya,MSi 0714125601 Lektor Kepala S1 Univ. Jember
S2 Univ. Padjajaran
5 Dr. Kridawati Sadhana, MS 0719026201 Lektor Kepala S1 Univ Brawijaya
S2 Univ. Gajah Mada
S3 Univ. Airlangga
6 Dra. Hj. Umi Chayatin,MSi 0703035702 Lektor Kepala S1 Univ. Jember
S2 Univ. Merdeka Malang
7 Dr. Budhy Prianto,MS 0703035703 Lektor Kepala S1 Univ. Brawijaya
S2 Univ. Gajah Mada
S3 Univ. Diponegoro
8 Dr. Tommy Haryanto,MS 0703115604 Lektor Kepala S1 Univ. Brawijaya
S2 Univ. Pajajaran
S3 Univ. Brawijaya
9 Drs. Titot Edy Suroso,MS 0704055801 Lektor S1 Univ.Brawijaya
S2 Univ. Gajah Mada
10 Dr. Rofinus Ngabut,MSi 0704115501 Lektor S1 Univ. Brawijaya
S2 Univ. Gajah Mada
S3 Univ. Merdeka Malang
11 Dr. Hj. Sri Hartini J,MSi 0022095801 Lektor Kepala S1 Univ. Jember
S2 Univ. Merdeka
S3 Univ. Merdeka
12 Dr. Catur Wahyudi,MA 0723016501 Lektor S1 Univ. Brawijaya
S2 Univ. Indonesia
S3 UIN. Syarif Hidayatulah Jakarta
13 Dr. Dwi Suharnoko, MSi 0726116201 Lektor S1 Univ. Merdeka Malang
S2 Univ. Merdeka Malang
14 Dr. Sukardi,MSi 0714016502 Lektor S1 Univ. Brawijaya
S2 Univ. Gadjah Mada
S3 Univ. Brawijaya
15 Dr. Praptining Sukowati, SH.MSi 0704026902 Lektor Kepala S1 Univ. Diponegoro
S2 Univ.17 Agustus Surabaya
S3 Univ. Brawijaya
16 Candra Dinata. S.sos, M.PA 070106208 Asisten ahli S1 Univ. Merdeka Malang
S2 Univ. Gajah Mada
17 Dr.. Yustina Ndung, MPd.MSi 0730056802 Asisten ahli S1 STKIP St. Paulus Ruteng
S2 Univ. Merdeka Malang
S3 Univ. Merdeka Malang
18 Akbar Pandu Dwinugraha, S.AP., M.AP   Asisten ahli S1 Univ. Brawijaya
S2 Univ. Brawijaya
19 Priskadini April Insani, S.AP., M.AP   Asisten ahli S1 Univ. Brawijaya
S2 Univ. Brawijaya
20 Adhinda Dewi Agustine, S.AP., M.AP   Asisten ahli S1 Univ. Brawijaya
S2 Univ. Brawijaya
DOSEN ADMINSITRASI BISNIS
1 Dra. Rooswidjajani,MSi 0722106001 Lektor S1 Univ. Merdeka Malang
S2 Univ. Brawijaya
2 Dr. Wahyu Wiyani,MSi 0725096701 Lektor Kepala S1 Univ. Brawijaya
S2 Univ. Brawijaya
S3 Univ. Brawijaya
3 Yuntawati Fristin, S.Sos.MAB 0724037201 Lektor S1 Univ. Merdeka Malang
S2 Univ. Brawijaya
4 Eko Agus Susilo, S.Sos. MSi 0728057402 Asisten Ahli S1 Univ. Dr. Soetomo
S2 Universitas Brawijaya
5 Ginanjar InDra K, N, S.AB, M.AB 0712016201 Asisten Ahli S1 I.K.I.P Malang
S2 Univ. Medeka Malang
6 Agung Swandaru, S.AB, MAB 2127118002 Asisten Ahli S1 Univ. Merdeka Malang
S2 Univ. Brawijaya
7 Harril Brimantyo, S.AB., M.AB 0729068702 Asisten Ahli S1 Univ. Brawijaya
S2 Univ. Brawijaya
8 Anandhayu Mahatma Ratri, S.AB., M.AB 0715109102 Asisten Ahli S1 Univ. Brawijaya
S2 Univ. Brawijaya
DOSEN PROGRAM STUDI ILMU KOMUNIKASI
1 Drs. Priyo dari Molyo,MSi 0705036002 Lektor S1 Univ. Brawijaya
S2 Univ. Padjajaran
2 Drs. Dodot Sapto Adi,Msi 0719096102 Asisten Ahli S1 Univ. Merdeka Malang
S2 Univ. Padjajaran
3 Dra. Christiana Sahertian 0726026101 Asisten Ahli S1 Univ Gajah Mada
S2 Universitas Merdeka Malang
4 H. Rochmad Effendy,B.HSc.M.Si 0728126903 Lektor S1 Inter. Islamic University Malaysia
S2 Univ. Airlangga
5 Ana Mariani, S.Sos.Msi 0728037501 Asisten Ahli S1 Univ. Airlangga
S2 Univ. Indonesia
6 Saudah,S.Sos.Msi 0723047901 Asisten Ahli S1 Univ. Merdeka Malang
S2 Univ. Muhamadiyah Malang
S3 Universitas Airlangga
7 Drs. Imam Patkuroji,M, Ag 0704076502 Asisten Ahli S1 Institut Negeri Islam Sunan Ampel
S2 Universitas Muhamadiyah Malang
8 Sri Widayati,SPd.Msi 0706017101   Asisten Ahli S1 Universitas Negeri Malang
S2 Univ.Padjajaran Bandung
9 Aryo Prakoso Wiobowo,S.Sos.MA 070338606 Asisten Ahli S1 Univ. Merdeka Malang
S2 Univ. Gadjah Mada
10 Lian Agustina,S.Sos,M.Si 0710088505 Asisten Ahli S1 Univ. Merdeka Malang
S2 Universitas Airlangga  
DOSEN DIPLOMA 3 BAHASA INGGRIS
1 Suatmo Panca Putra 0716126301 Asisten Ahli S1 Universitas Jember
S2 Univ. Islam Malang
2 Yasmin Farani 0726017101 Asisten Ahli S1 IKIP Negeri Malang
S2 Univ. Islam Malang
3   Zainur Rozikin   0712016201 Lektor S1 IKIP Negeri Malang
S1 Univ. Kanjuruhan Malang
S2 Univ. Islam Malang
S3 Univ. Merdeka Malang
4 Cattleya Wahyu Pravitha 0704038905 Asisten Ahli S1 Univ Brawijaya Malang
S2 Univ. Indonesia
5 Elfirahmi Thamrin 0709018303 Asisten Ahli S1 STKIP PGRI Sumatera Barat
S2 Univ. Islam Malang
6 Malikhatul Lailiyah 0712028802 Asisten Ahli S1 Univ. Kanjuruhan Malang
S2 Universitas Negeri Malang
7 Prilla Lukis Wediyantoro 0712038504 Asisten Ahli S1 Universitas Negeri Malang
S2 Univ. Islam Malang
8 Uning Musthofiyah 0720048703 Asisten Ahli S1 Univ. Airlangga
S2 Universitas Negeri Malang

STRUKTUR ORGANISASI FISIP UNIVERSITAS MERDEKA MALANG



×

Chat Me

× How can I help you?