Webinar Pariwisata UNMER Malang, Tekankan Pentingnya Rebranding Pariwisata di Era New Normal
Sektor pariwisata di Indonesia mulai beradaptasi menghadapi era New Normal. Hal inilah yang dibahas dalam webinar Rebranding Pariwisata di Era New Normal yang diselenggarakan oleh Forum Program Studi Destinasi Pariwisata (FPN) bekerjasama dengan Program Diploma Kepariwisataan Universitas Merdeka (UNMER) Malang pada Rabu (16/09). Acara ini dibuka oleh Ketua Program Diploma Kepariwisataan UNMER Malang, Prof. Dr. Widji Astutik, SE., MM.
Webinar kali ini menghadirkan narasumber Walikota Batu, Dra. Dewanti Rumpoko, M.Si., Wakil Ketua Program Diploma Kepariwisataan UNMER Malang, Dr. Syarif Hidayatullah, MM., Owner Lumbung Strawberry & Kaliwatu Group, Muchlas Rofiq, SE., MM. serta dimoderatori oleh Rini Kartika Hudiono, S.Pd., MA.
Syarif menjelaskan, “Pandemi Covid-19 memiliki dampak multidimensional, termasuk sektor pariwisata. Langkah yang dapat dilakukan untuk rebranding sektor pariwisata di era new normal antara lain menentukan target pasar wisatawan, Menentukan misi brand yang diwudkan dengan kualitas layanan yang baik dan harga yang terjangkau, Membangun logo semenarik mungkin, membangun persepsi positif serta kita pastikan kondisi destinasi wisata sesuai dengan kondisi yang ada.”
Berikutnya Dewanti menjelaskan pola kampanye usaha pariwisata Kota Batu di era new normal dapat dilakukan dengan cara updating usaha pariwisata secara periodik menyangkut laporan pengawasan usaha pariwisata dalam menjalankan protokol kesehatan, kerjasama publikasi dan promosi melalui media informasi publik dan penyelenggaraan daya tarik wisata sesuai protokol kesehatan.
Terakhir, Muchlas sebagai pelaku industri pariwisata menyatakan bahwa pandemi Covid-19 mendorong industri pariwisata kedalam challenge zone untuk bertahan sekaligus berkreasi menciptakan hal baru yang mampu menarik pengunjung dengan tetap mematuhi aturan tata tertib new normal.