Unmer Malang Menggali Potensi Pengalaman Pelanggan E-Commerce Bersama blibli.com
Perkembangan teknologi informasi saat ini turut mengubah proses pemasaran dan manajemen bisnis. Salah satunya sektor e-commerce yang tengah digemari oleh masyarakat. Transaksi bisnis yang dilakukan dalam e-commerce Indonesia mencapai 40 trilyun rupiah per-tahun.
Untuk membahas inovasi pemasaran dan membangun pengalaman pelanggan terhadap e-commerce, program studi Manajemen, Fakultas Ekonomi & Bisnis (FEB) dan program Magister Manajemen Pascasarjana, Universitas Merdeka (Unmer) Malang menggelar kuliah tamu bertajuk “Customer Experiental” di gedung Pascasarjana Unmer Malang lantai 2.
Bertindak sebagai narasumber adalah Gusti Ayu Kade Intan Khatulistiwa selaku Assistant Manager Innovation & Incubation di blibli.com. Dekan FEB, Dr. Rudy Wahyono, SE., M.Si., menjelaskan, “Melalui kuliah tamu ini, kita dapat belajar dari blibli.com sebagai pelaku e-commerce dalam negeri. Bagaimana perusahaan ini memprioritaskan pelayanan sehingga dapat membangun pengalaman positif kepada pelanggan.”
Intan menjelaskan, “Pada 2018 ini blibli.com fokus kepada personalisasi layanan pelanggan. Untuk itu kita mengupayakan para pelanggan dapat merasakan pengalaman bertransaksi dan mendapatkan rekomendasi tentang produk yang mereka gemari.”
“Customer Experiental dapat dibangun dengan mengumpulkan big data pelanggan yang terintegrasi dengan teknologi sehingga dapat membantu pebisnis untuk mengambil keputusan bisnis secara cepat dan tepat.” ,lanjut Intan. Tentu saja blibli.com telah mengetahui betul segmen yang dibidik sehingga strategi pemasaran dapat berjalan dengan baik.
Generasi milenial dan generasi Z menjadi pangsa pasar yang besar karena saat ini gaya hidup mereka sangat identik dengan teknologi informasi serta sosial media. Inti dari customer experiental adalah membangun kepercayaan konsumen sehingga mereka dapat melakukan pembelian kembali dan memiliki kepercayaan tinggi terhadap perusahaan.