SENASI 2020 Bahas Pentingnya Peran Media Planner Dalam Industri Media
Himpunan Mahasiswa Komunikasi (HIMAKOM) FISIP UNMER Malang bekerjasama dengan Radio Elfara FM menggelar Seminar Komunikasi (SENASI) 2020 seri ketiga dengan tema How To Be A Professional Media Planner via online pada Rabu (16/09) dengan narasumber media implementer, Erwin Bacas Malakuse, planner TV, Yanrie Roslana, Radio & Newspaper Planner, Tiur Maria Pakpahan dan Digital Planner, Nadia Pakpahan.
Kaprodi Ilmu Komunikasi UNMER Malang, Dr. Saudah., S.Sos., M.Si. menjelaskan, “Media planner merupakan unsur penting dalam industri media karena mengkomunikasikan pesan kepada audiens secara cepat dan tepat. Seiring dengan perkembangan zaman, media planner menjadi salah satu komponen dalam marketing plan dan elemen-elemen penting lainnya.”
Menurut Erwin, “Seorang media planner profesional harus mampu membuat perhitungan yang matang media mana yang akan digunakan untuk mengiklankan suatu produk. Selain itu, seorang media planner harus paham segmentasi dari produk yang akan dipasarkan.”
Sedangkan Tiur menjelaskan tantangan yang dihadapi media planner di sektor radio dan koran. “Meskipun saat ini sudah memasuki era digital, sektor newspaper dan radio masih memiliki pangsa pasar sendiri. Strategi yang dapat dilakukan di media planner untuk Radio dan newspaper adalah menggunakan proposal produk yang detil atau dengan menggunakan alat survey nielsen untuk menentukan target pendengar radio.”
Nadia sebagai media planner yang bergerak di bidang digital mengungkapkan bahwa target audience adalah faktor penting untuk menentukan campaign dan konten materi yang kita iklankan. Terakhir Yanrie menuturkan untuk pentingnya budget yang digunakan untuk menentukan iklan dan jadwal tayang di program televisi.
[embedyt] https://www.youtube.com/watch?v=X9paujk1z7w[/embedyt]