Pendaftaran Program Studi Magister Akuntansi
PENDIDIKAN MAGISTER AKUNTANSI UNIVERSITAS MERDEKA MALANG
Program Magister Akuntansi (MAKSI) Unmer Malang terakreditasi berdasarkan Surat Keputusan BAN-PT No.3313 / SK/ BAN-PT/Akred/ M / IX/ 2019 dengan peringkat B.
Program studi ini didirikan untuk meningkatkan peran UNMER Malang sebagai lembaga Pendidikan Tinggi yang ikut serta dalam rangka mencetak generasi berkualitas di bidang akuntansi. Pemenuhan kebutuhan masyarakat terhadap lulusan S2-Akuntansi saat ini dirasakan semakin besar seiring dengan makin tingginya kebutuhan profesional akuntansi di dunia industri, lembaga pemerintahan, dan lembaga non profit lainnya. Selain itu, pendidikan S2 Akuntansi diharapkan mampu meningkatkan daya saing SDM khususnya di bidang akuntansi dalam rangka mengantisipasi kebijakan pasar bebas di tingkat regional maupun internasional. Saat ini program MAKSI Unmer Malang menyediakan 2 (dua) konsentrasi yaitu : Akuntansi Keuangan dan Manajemen, dan Akuntansi Sektor Publik.
CAPAIAN PEMBELAJARAN
- Memiliki sikap dan ketrampilan umum yang sesuai dengan 8 (delapan) rumusan Kerangka Kualifikasi Nasional Indonesia (KKNI)untuk pendidikan tinggi.
- Memiliki ketrampilan khusus sebagai berikut:
- Mampu menyelesaikan masalah bisnis dan sektor publik secara kreatif berdasarkan analisis melalui riset
- Mampu mengkombinasikan kompetensi teknis dan ketrampiulan profesional pada tugas kerja bidang akuntansi.
- Mampu menyajikan informasi akuntansi dan non akuntansi kepada pemangku kepentingan dan menerangkan dengan ide jelas, baik secara lisan maupun tertulis.
- Memiliki penguasaan pengetahuan sebagai berikut:
- Mampu menguasai teori akuntansi keuangan dan manajemen, dan akuntansi sektor publik.
- Mampu menerapkan teori akuntansi keuangan dan manajemen, dan akuntansi sektor publik.
- Mampu menganalisis dengan mendasarkan pada prinsip dan teori yang relavan untuk pembuat keputusan.
DOSEN PENGAJAR DAN PEMBIMBING
Pengajar, pembimbing, dan penguji tesis di Program Magister Akuntansi Universitas Merdeka Malang adalah Dosen Tetap Universitas Merdeka Malang yang berpengalaman dan telah memiliki kualifikasi guru besar dan doktor, yaitu:
1. Prof.Dr.Grahita Chandrarin,M.Si,Ak,CA
2. Dr.Prihat Assih,M.Si.,Ak.,CSRS
3. Dr.Sihwahjoeni,M.Si,CMA
4. Dr. Diana Zuhroh,M.Si.,Ak.,CA
5. Dr. Edi Subiyantoro,SE.,M.Si.
6. Dr. Gaguk Apriyanto, M.Si.
7. Dr. Harmono, M.Si.
8. Prof.Dr. Lilik Kustiani, SS, MM.
9. Dr. Boge Triatmanto, SE., MM.
10. Dr. Parawiyati, M.Si.
11. Dr. Diah Ani Pangastuti, M.Si.
12. Dr. Maxion Sumtaky, M.Si.
13. Dr. Harianto Respati, SE, MM.
14. Dr. Pujo Sugito, MBA.
15. Dr. Norman Duma Sitinjak, M.SA
16. Dr. Retna Safriliana, M.Si.,Ak.,CA
17. Dr. Diyah Sukanti C.,SE.,MSA.
PROSES PEMBELAJARAN
Dalam rangka mengupayakan waktu studi tepat waktu dengan kualitas studi yang baik, rancangan proses pembelajaran adalah sebagai berikut:
- Proses perkuliahan MK wajib dan pilihan selama 3 (tiga) semester dengan komposisi: 40% materi text book dan 60% review hasil penelitian dari jurnal ataupun proceeding seminar/konferensi.
- Proses penelitian dan penulisan tesis dilaksanakan secara terjadual dan dalam pemantauan, baik oleh dosen pembimbing maupun Program Studi dengan perencanaan sebagai berikut:
– Semester 3: Penulisan proposal tesis dan ujian Proposal, dilanjutkan dengan pengumpulan data (penelitian lapang).
– Semester 4: Penulisan tesis, ujian tesis, dan publikasi tesis dengan target: publish di jurnal nasional terakreditasi atau jurnal internasional - Sesuai dengan SK Direktur Program Pascasarjana No.Kep.402/PPs/UM/XII/2020, masa belajar dapat ditempuh selama 3 (tiga) semester dengan syarat:
a. IPK minimal 3.76.
b. Memiliki artikel yang telah diterbitkan di jurnal ilmiah nasional terakreditasi Sinta 1 atau Sinta 2, atau telah diterima untuk dipublikasikan di jurnal Internasional.
c. Memenuhi persyaratan kelulusan lainnya yang berlaku di Program Magister (S2) di lingkungan Program Pascasarjana Universitas Merdeka Malang.
KURIKULUM
Semester 1 | ||
No | Mata Kuliah | SKS |
1 | Akuntansi Biaya dan Ak.Manajemen | 3 |
2 | Teori dan Praktik Ak. Keuangan | 3 |
3 | Manajemen Keuangan | 3 |
4 | Jasa Audit dan Atestasi | 3 |
Jumlah SKS Smst 1 | 12 | |
Semester 2 | ||
1 | Analisis Multivariat | 3 |
2 | Analisis Investasi dan Pasar Modal | 3 |
3 | Metodologi Penelitian | 3 |
4 | Sistem Informasi Ak dan Manajemen. | 3 |
Jumlah SKS Smst 2 | 12 | |
Semester 3 | ||
1 | Enterpreneurship Berbasis Digital | 3 |
2 | Mata Kuliah Pilihan 1* | 3 |
3 | Mata Kuliah Pilihan 2* | 3 |
Jumlah SKS mst 3 | 6 | |
Semester 4 | ||
Tesis | 6 | |
Total SKS | 39 |
Mata kuliah pilihan yang wajib ditempuh oleh mahasiswa di semester 3 sebanyak 2 MK sesuai dengan peminatan yang diambil. Jenis MK untuk masing-masing peminatan adalah:
Peminatan: Ak. Keuangan dan Manajemen | Mata Kuliah Pilihan: 1. Akuntansi Lingkungan 2. Akuntansi Keuangan dan Perpajakan UMKM 3. Akuntansi Keperilakuan Sektor Privat |
Peminatan: Akuntansi Sektor Publik
| Jenis Mata Kuliah Pilihan: 1. Akuntansi keperilakuan Sektor Publik 2. Akuntansi Sektor Publik 3. Audit Sektor Publik |
PELUANG KERJA
- Akademisi : Dosen dan Peneliti
- Praktisi :
- Pemerintahan :
- Profesional keuangan di Departemen, Instansi Pemerintah dan Pemerintah Daerah (Kabupaten, Kota, Propinsi).
- Kantor Pajak
- Badan Pemeriksa Keuangan (BPK)
- Badan Pengawasan Keuangan dan Pembangunan (BPKP)
- Dan lain-lain.
- Bisnis (Perusahaan Swasta): Controller, Akuntan Manajemen dan Internal Auditor.
- Auditor di Kantor Akuntan Publik (KAP)
- Chief Financial Officer (Manajer Keuangan,
Kepala Bagian Keuangan)
- Profesional Keuangan di Kantor Konsultan Manajemen dan Kantor Jasa Akuntansi (KJA)
- Enterpreneur : sebagai pengusaha.
KUALIFIKASI CALON MAHASISWA
Lulusan Program Sarjana (S1) bidang Akuntansi, Ekonomi Pembanguna, Manajemen, Administrasi Bisnis / Niaga, Ekonomi / Akuntansi Syariah, Pendidiikan Akuntansi, dan D4 Akuntansi dari Perguruan Tinggi Negeri maupun Swasta yang terakreditasi BAN PT, atau Lulusan Perguruan Tinggi dari luar negeri dengan ijazah yang telah disahkan oleh Kemenristek Dikti. Bagi lulusan Program Sarjana selain yang disebutkan tersebut terdapat syarat tambahan: telah memiliki pengalaman dalam pengelolaan keuangan dan atau penyusunan laporan keuangan di perusahaan, instansi, atau tempat kerja lainnya selama 1 (satu) tahun.
BIAYA PENDIDIKAN
Her Registrasi per semester | Rp. 450.000 |
Matrikulasi …………………… | Rp. 2.000.000* |
BPP per Semester ………….. | Rp. 5.500.000 |
Tesis ……………………………. | Rp. 4.000.000 |
* Matrikulasi hanya sekali, dilaksanakan awal semester 1. | |
Biaya Pendaftaran Maba Rp.350.000 |
PENDAFTARAN
Dokumen pendaftaran on line: 1. Scan Ijazah S1 2. Scan Transkrip S1 3. Scan Kartu Tanda Penduduk 4. Scan Kartu Keluarga |
Contact Person:
Diana Zuhroh, M.Si.,Ak.,CA,
(Ketua Program Studi)
No. HP : 081334522791.
Email: [email protected]
Dr. Gaguk Apriyanto, M.Si
( Sekretaris Program Studi)
No. HP : 0812 3561 4705
Email : [email protected]
Telp / WA / SMS : :081357778105
085735610551