Para Dosen UNMER Malang Ikuti Worshop Penyusunan Kurikulum Berbasis Outcome Base Education
BP3M UNMER Malang pada Rabu (31/03), menyelenggarakan workshop kurikulum Penyusunan Rencana Pembelajaran Semester (RPS) berbasis Outcome Base Education (OBE) dalam implementasi Merdeka Belajar Kampus Merdeka (MBKM) yang diikuti oleh para Dekan Fakultas, Ketua Program Studi dan dosen secara daring dan luring di ruang PPI, Gedung Rektorat UNMER Malang.
Ketua BP3M UNMER Malang, Dr. Harmono, M.Si. menyampaikan, “Kegiatan workshop kali ini adalah rangkaian kegiatan dari PPEPP (Penetapan Pelaksanaan Evaluasi Pengendalian dan Peningkatan) standar pendidikan tinggi di lingkungan UNMER Malang. Diharapkan dengan mengikuti workshop ini dapat memberikan wawasan mengenai perkembangan kurikulum sehingga mampu menghasilkan lulusan yang berkualitas.”
Rektor UNMER Malang, Prof. Dr. Anwar Sanusi, SE., M.Si. dalam sambutannya menerangkan bahwa OBE merupakan rencana capaian pembelajaran yang bersifat berkesinambungan, inovatif, kreatif dan efektif. “Tentunya OBE memiliki prinsip sesuai dengan capaian pembelajaran setiap mata kuliah, rancangan penyusunan kurikulum, memiliki sinkronisasi antara capaian pembelajaran dengan penilaian proses pembelajaran, serta mampu menciptakan lingkungan pembelajaran yang kondusif” tuturnya.
Bertindak sebagai narasumber adalah Wakil Rektor I, Dr. Eng. Dwi Arman Prasetya, ST., MT. dan Wakil Rektor II, Dr. Prihat Assih, SE., M.Si. Ak., CSRS. Menurut Arman, tujuan utama dari penyusunan kurikulum berbasis OBE mengacu kepada delapan Indikator Kerja Utama (IKU) yaitu : lulusan mendapatkan pekerjaan yang layak, mahasiswa mendapatkan pengalaman di luar kampus lewat program magang, riset, pertukaran pelajar dan lain-lain. Dosen berkegiatan di luar kampus, praktisi dapat mengajar di lingkungan kampus, hasil kerja dosen yang dapat digunakan oleh masyarakat, kerjasama program studi dengan mitra kelas dunia, kelas yang kolaboratif dan inovatif serta program studi berstandar internasional.
Berikutnya, Prihat menjelaskan langkah-langkah penyusunan kurikulum berbasis OBE. “Ada tiga poin penting yang harus diterapkan dalam OBE yaitu meningkatkan kemampuan dan pemahaman dosen, mendapatkan kemampuan dan penguasaan pengetahuan terkait materi dari ahli yang kompeten di bidangnya serta sebagai wadah untuk meningkatkan kualitas pembelajaran sesuai visi misi yang diharapkan,” tegasnya.