
Memahami Guru Pengganti: Landasan Kebijakan Pendidikan yang Lebih Baik di Daerah
UNMERNews – Jumat 13 Desember Promovendus Samia Salam SH,. MM. berhasil meraih gelar Doktor Ilmu Sosial dari Program Pascasarjana Universitas Merdeka (UNMER) Malang melalui sidang terbuka disertasinya yang digelar di Auditorium lt.2 Gedung Pascasarjana UNMER Malang. Sidang terbuka ini dihadiri oleh segenap penguji yakni para Doktor dan Profesor dari Pascasarjana Unmer Malang, penyanggah eksternal, dan tamu undangan.
Dalam upaya memahami dinamika pendidikan di daerah, Samia telah menyelesaikan disertasi yang mengkaji perilaku guru pengganti di Sekolah Dasar di Kecamatan Sangatta Utara, Kabupaten Kutai Timur. Penelitian ini dilakukan untuk menjawab tantangan keseimbangan antara jumlah guru dan sekolah, serta masalah ketidakhadiran guru tetap yang sering mengakibatkan kegagalan dalam proses pembelajaran.
Disertasi ini bertujuan untuk mendeskripsikan perilaku guru pengganti dan faktor-faktor yang mempengaruhi perilaku tersebut. Metode penelitian yang digunakan adalah kualitatif dengan pendekatan grand theory, yang memungkinkan peneliti untuk menggali lebih dalam mengenai sikap, tindakan, dan keputusan yang diambil oleh guru-guru pengganti dalam situasi yang seringkali mendesak.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa perilaku guru mencakup sikap mendidik, pengabdian, dan keputusan untuk mengajar. Faktor-faktor yang mempengaruhi perilaku mereka meliputi kecerdasan emosional, motivasi, bakat, penguasaan ilmu, serta lingkungan sosial. Penelitian ini juga mendukung teori sosial BF Skinner yang menekankan, bahwa perilaku sosial terbentuk melalui sikap dan perasaan yang mempengaruhi tindakan interpersonal.
Samia Salam menjelaskan, bahwa guru pengganti memiliki komitmen yang tinggi terhadap pendidikan, meskipun sering kali mereka harus beradaptasi dengan situasi yang tidak terduga. Mereka dipandang sebagai solusi sementara untuk mengatasi kekurangan tenaga pengajar, dan peran mereka sangat penting dalam menjaga kelangsungan pembelajaran di sekolah.
Penelitian ini tidak hanya memberikan gambaran yang jelas mengenai implementasi kebijakan pendidikan, tetapi juga diharapkan dapat memberikan kontribusi bagi pemerintah dalam meningkatkan kualitas pendidikan dan memenuhi kebutuhan tenaga pengajar di sekolah. Dengan memahami faktor-faktor yang mempengaruhi perilaku guru pengganti, diharapkan akan ada langkah-langkah strategi, yang dapat diambil untuk memperbaiki sistem pendidikan di daerah tersebut.
Dengan demikian, disertasi ini menjadi salah satu referensi penting dalam pengembangan pendidikan di Indonesia, khususnya dalam konteks menyediakan kebutuhan energi pengajar yang berkualitas.
Kolaborator : Bonaventura & Dodotosa
Pewarta : Farikhatul Jannah – Internship Humas UNMER Malang
Editor : Razqyan Jati – Humas UNMER Malang