Mahasiswa Komunikasi Perdalam Pengetahuan Advertising, Broadcasting dan Public Relation Dalam Seminar Inspiring Bussines Communication
Himpunan Mahasiswa Ilmu Komunikasi (Himakom) Unmer Malang menggelar seminar bertajuk Inspiring Bussines Communication pada Kamis (24/10) di ruang PPI Gedung Rektorat Unmer Malang. Menurut Ketua Program Studi Komunikasi Unmer Malang, Dr. Saudah, S.Sos., M.Si., “Kegiatan ini bertujuan untuk membekali mahasiswa yang akan terjun ke bidang advertising, broadcasting dan public relation. Terutama bagi mahasiswa semester satu sampai tiga.”
Ada tiga narasumber dalam seminar ini yaitu pakar advertising, Maulid Agung Triyono, SE., MM., pakar broadcasting, Irma Mufita Y., S. I.Kom., M.I.Kom. dan Manager Development Executive Indomarco Prismatama Malang, Endow Firza, S.T. Menurut Agung, “Strategi advertising harus memiliki daya dorong yang kuat. Sedangkan untuk mendesain iklan diperlukan komponen yang singkat, menarik, jelas, clarity dan beauty.”
Irma menyampaikan bahwa untuk menjadi seorang penyiar (broadcaster) harus memiliki kepercayaan diri, kreatif serta berwawasan luas. “Selain itu cara berbicara di depan kamera dan di hadapan audiens sangat berbeda dan dapat didalami melalui ilmu broadcasting,” lanjutnya. Di akhir sesi, Firza menjelaskan bahwa dunia bisnis telah menyesuaikan dengan perkembangan zaman dimana perusahaannya banyak memanfaatkan media digital. “Media sosial harus dimanfaatkan sebaik mungkin untuk mewujudkan eksistensi suatu perusahaan karena memiliki pengaruh besar bagi masyarakat global,” tandasnya.
“Setelah mengikuti seminar ini nantinya mahasiswa akan dapat menentukan pilihan yang tepat terkait konsentrasi yang akan dipilih,” pungkas Saudah. Seminar ditutup dengan penyerahan cinderamata kepada seluruh narasumber dan sesi foto bersama seluruh peserta.