Mahasiswa Administrasi Bisnis Unmer Malang Pelajari Sistem Marketing 4.0
Program Studi Administrasi Bisnis FISIP Unmer Malang menggelar Kuliah Perdana dengan tema Meningkatkan Kualitas SDM di Era Marketing 4.0 pada Rabu (18/09) di ruang PPI, Gedung Rektorat Unmer Malang. Kegiatan ini dibuka oleh Wakil Dekan FISIP, Rochmad Effendy, B.HSC., M.Si., dan diikuti oleh seluruh mahasiswa baru Program Studi Administrasi Bisnis.
Perwakilan dari International Council Small Bussines (ICSB), Kusbaroto menjadi narasumber dalam kuliah ini. Menurut pria yang akrab disapa Pak Toto, “Marketing 4.0 merupakan pendekatan pemasaran yang mengkombinasikan interaksi online dan interaksi offline antara perusahaan dengan pelanggan. Secara umum.” Di era ekonomi digital, interaksi digital saja tidaklah cukup. Kenyataannya, justru di saat dunia online berkembang, sentuhan offline menjadi titik diferensiasi yang kuat.
Langkah yang dapat dilakukan mahasiswa untuk menjalankan pola marketing 4.0 antara lain menentukan konteks yang akan kita buat, menentukan value exchange untuk menciptakan loyalitas konsumen, menentukan tujuan pemasaran, up to date dengan perkembangan zaman serta evaluasi terhadap langkah-langkah yang telah dilaksanakan.