Magister Manajemen Menggali Inovasi Pemasaran Dalam Marketing Outlook 2018
Program Magister Manajemen Pascasarjana Universitas Merdeka (Unmer) Malang menyelenggarakan acara Marketing Outlook 2018 dengan tema “How To Bring Innovation to Market” (09/06) di Gedung Pascasarjana lantai 2. Kegiatan ini diikuti oleh mahasiswa Magister Manajemen dan kalangan umum.
Sebagai narasumber menghadirkan Ardantya Syahreza (CEO PT. Marketing Komunikasi Indonesia) yang mengajak peserta untuk menyelami dunia pemasaran secara profesional. Menurut Ketua Program Studi Magister Manajemen, Dr. Harianto Respati, SE., MM., “. Marketing Outlook 2018 ini merupakan prakarsa dari mahasiswa konsentrasi manajemen pemasaran dan nantinya program Magister Manajemen akan menjadikan kegiatan kuliah praktisi sebagai agenda rutin sesuai dengan konsentrasi jurusan masing-masing.”
Dalam paparannya Ardantya menjelaskan bahwa marketing sangat penting tidak hanya sebatas memasarkan barang ataupun jasa, tetapi juga dapat digunakan dalam instansi pemerintah maupun swasta untuk meningkatkan peluang karir. “Kunci keberhasilan sebuah marketing adalah saat kita mampu membaca peluang dan memberikan alternatif solusi pemenuhan kebutuhan konsumen.”, tuturnya.
Pria yang akrab disapa Dacil ini juga memberikan contoh bahwa peran sosial media cukup berpengaruh terhadap proses marketing dan dikenal sebagai e-marketing. “Seiring dengan perkembangan jaman, sistem pemasaran mulai merambah ke media online dan menyajikan experience yang interaktif antara penjual dan pembeli.” ,lanjutnya. Dacil juga mencontohkan beberapa franchise kuliner yang dikelola seperti Chicken Crush, Marlous Martabak, dan NSW Burger.
Pada sesi berikutnya narasumber mengajak peserta dalam sebuah sesi interaktif untuk berdiskusi terkait topik yang berhubungan dengan pemasaran dan membantu peserta untuk memberi solusi merancang sistem pemasaran yang tepat atas produk yang dipasarkan.