Berstatus Terakreditasi B berdasarkan Kep-BAN PT Nomor: 227/SK/BAN-PT/Ak-XVI/S/XI/2013 berlaku sampai 09 November 2019. Bergabung dengan web ini merupakan pilihan sangat tepat dalam rangka berbagi informasi dengan Kampus yang sudah berkontribusi aktif selama 18 tahun untuk mencapai kualitas tertinggi di bidang Tri Dharma Perguruan Tinggi. Ini merupakan komitmen bersama untuk mewujudkan Quality University yang terpercaya dalam mencerdaskan kehidupan bangsa. Atas dasar itu pula Program Studi Ilmu Komunikasi secara periodik melakukan evaluasi dan pengembangan, khususnya dalam rangka merespons secara positif kebutuhan seutuhnya stakeholders (mahasiswa, alumni, dan pengguna lulusan).
Program Studi Ilmu Komunikasi selalu mengedepankan “KEMANDIRIAN” yang tercermin dalam Pola Ilmiah Pokok untuk mewujudkan Visi dan Misi, yaitu semata-mata ditujukan untuk meraih posisi yang terhormat diantara masyarakat dunia. Untuk itulah komitmen mengembangkan program “Kemandirian dan Kewirausahaan” telah dirumuskan dalam mata kuliah keahlian sebagai muatan lokalnya, dan melakukan pembinaan Kewirausahaan melalui mata kuliah keahlian khusus sesuai konsentrasi keilmuan meliputi: Public Relations, Broadcasting, dan Advertising.
Adapun keahlian yang hendak dicapai dalam proses pelaksanaan kuliah, adalah kesiapan calon sarjana memiliki kompetensi yang sesuai dengan konsentrasi keilmuan pada bidang Public Relations, Broadcasting, dan Advertising dilandasi wawasan yang kuat pada kewirausahaan. Untuk memperkuat keahlian mahasiswa sesuai kompetensinya dalam lingkungan kampus, maka kegiatan belajar ditopang dengan kegiatan Kuliah Praktisi, Kuliah Lapang, Praktek Kerja Magang, dan Aktif Kegiatan Extra Kurikuler. Sedangkan untuk memperkuat kompetensi Mahasiswa dalam berkarya, maka pelaksanaannya dalam bentuk Produksi Laboratorium dan Inkubator Kewirausahaan Berbasis Teknologi Komunikasi.
Strategi jangka panjang Program Studi Ilmu Komunikasi dikembangkan berdasarkan kebutuhan masa depan, agar lulusannya selalu mampu memberikan sumbangsih terbaik bagi bangsa ini melalui lulusan Sarjana (S1) yang berkualitas, mempunyai daya saing, serta sesuai dengan kebutuhan Pemerintah maupun Non Pemerintah.
Atas dasar itu pula Mahasiswa selama mengikuti studi dapat:
1. Melakukan pengkajian dan penelitian dalam bidang komunikasi.
2. Mampu mendesain, melaksanakan dan mengevaluasi program-program pada lingkup pemerintahan, bisnis industri maupun kehidupan sosial kemasyarakatan, terutama dengan menggunakan dasar kecakapannya baik dalam bidang public relations, advertising maupun broadcasting.
3. Mampu mengembangkan prinsip-prinsip kewirausahaan.
Proses pendidikan didampingi oleh para Dosen yang berpengalaman dengan kualifikasi Profesor dan sebagian besar telah menyelesaikan Pendidikan Pascasarjana S-2 dan S-3. Rata-rata lama pendidikan 8 (delapan) semester. Penyampaian materi kuliah dengan metode tatap muka, diskusi kelompok maupun perorangan, ceramah, praktik kerja, seminar dan lokakarya. Mahasiswa berkesempatan praktik ke instansi pemerintah, perusahaan negara/swasta (link and match). Mahasiswa diwajibkan mengikuti pembinaan watak di bidang Agama, Pancasila dan Nasionalisme dalam rangka menyongsong keterbukaan masyarakat dunia. Ini merupakan ciri khas pendidikan pada PROGRAM STUDI ILMU KOMUNIKASI.
Semangat NOMOSLECA…!!!
Informasi lebih lanjut silahkan klik:
www.komunikasi.unmer.ac.id