
Fakultas Psikologi UNMER Malang Selenggarakan International Guest Lecture Bahas Penerapan Metode Efektif untuk Pendidikan Anak Usia Dini
UNMERNews – Fakultas Psikologi Universitas Merdeka (UNMER) Malang kembali menggelar Kuliah Tamu yang inspiratif pada Senin, 6 Mei 2025. Acara yang bertempat di Ruang Pusat Pertemuan Ilmiah (PPI) Gedung Rektorat UNMER Malang ini menghadirkan Pauline M. D. Wong, Ka. Prodi Psikologi dari Central Philippine University sebagai narasumber utama.
Kegiatan International Guest Lecture ini merupakan hasil implementasi dari Nota Kesepahaman antara Fakultas Psikologi UNMER Malang dengan Central Philippine University (CPU). Kegiatan ini dihadiri antusias oleh para mahasiswa Fakultas Psikologi UNMER Malang, jajaran Dosen psikologi, serta Wakil Rektor IV UNMER Malang, Prof. Pindo Tutuko.
Dalam sambutannya, Prof. Pindo menyampaikan selamat datang kepada Pauline M. D. Wong, menandai kunjungan pertamanya ke Indonesia dan UNMER Malang. Beliau juga mengapresiasi inisiatif Fakultas Psikologi dalam menyelenggarakan kegiatan yang bermanfaat bagi pengembangan wawasan mahasiswa di bidang psikologi sekaligus melatih kemampuan berbahasa asing.
Pauline M. D. Wong membawakan materi kuliah tamu yang bertajuk “Key Learning Theories in Early Childhood Education: Understanding and Applying Effective Methods”. Dalam paparannya, beliau mengajak para peserta untuk merefleksikan pengalaman masa kanak-kanak mereka, mulai dari impian hingga perkembangan di usia dewasa.
Lebih lanjut, Pauline M. D. Wong menekankan pentingnya memahami teori pembelajaran anak usia dini. Menurutnya, teori-teori ini memberikan landasan krusial mengenai bagaimana anak-anak berkembang secara kognitif, sosial, dan emosional. Pemahaman ini membantu para calon pendidik dan profesional di bidang anak usia dini untuk menyadari bahwa setiap anak belajar dengan cara dan kecepatan yang berbeda, sehingga metode pengajaran dapat disesuaikan dengan kebutuhan individual mereka.
Pauline M. D. Wong menjelaskan bahwa dengan mengaplikasikan teori-teori pembelajaran, para pendidik dapat menciptakan lingkungan belajar yang terstruktur namun tetap fleksibel, mendorong eksplorasi, pemecahan masalah, dan interaksi sosial yang positif. Teori-teori ini juga memandu strategi pengajaran dengan menawarkan pendekatan yang terbukti efektif dalam manajemen kelas, perencanaan pembelajaran, dan keterlibatan siswa.
Di sesi penutup, Pauline M. D. Wong menyampaikan pesan inspiratif yang mengajak para calon pendidik, konselor, dan pengasuh untuk menyadari bahwa perilaku mereka sama pentingnya dengan rencana pelajaran. Beliau menekankan bahwa pembelajaran tidak bersifat seragam, sehingga penting untuk mengenali setiap anak, memahami konteksnya, dan menyesuaikan pendekatan pengajaran.
Pauline M. D. Wong juga mengingatkan para peserta tentang perbedaan cara berpikir anak-anak dan orang dewasa (Piaget), pentingnya memberikan bimbingan yang tepat (Vygotsky), pengaruh penghargaan terhadap perilaku (Skinner), dan bagaimana anak-anak belajar melalui observasi (Bandura).
“Setiap momen bersama anak adalah kesempatan untuk mengajarkan bukan hanya tentang kepuasan, tetapi juga karakter, kepercayaan diri, dan koneksi,” pungkas Pauline M. D. Wong, memberikan penekanan pada peran holistik para profesional di bidang anak usia dini.
Kegiatan International Guest Lecture ini diharapkan dapat memberikan wawasan baru dan memperkaya pemahaman mahasiswa Fakultas Psikologi UNMER Malang mengenai teori-teori pembelajaran penting dalam pendidikan anak usia dini, serta menginspirasi mereka untuk menjadi tenaga profesional yang kompeten dan berempati.
Dalam rangkaian bentuk implementasi kerjasama antara Fakultas Psikologi UNMER Malang dan CPU, pada tanggal 7 Mei 2025 akan diselenggarakan kegiatan International Collaboration on Community Services for Early Childhood Education Practitioners antara Fakultas Psikologi yang dipimpin oleh Dr. Nawang Warsi Wulandari, S.Psi., M.Si., Psikolog, bersama perwakilan dari CPU yaitu Pauline Marie D. Wong, RPm., RPsy.
Dalam kegiatan International Collaboration on Community Services tersebut rencananya akan mengangkat tema “Early childhood education management, best practices from Philippines and Indonesia”. Diharapkan dalam kegiatan tersebut dapat memberikan pembelajaran tentang praktik baik dalam manajemen pendidikan anak usia dini yang sudah terjadi di kedua negara. Diharapkan pula hasil dari kegiatan ini dapat memberikan dampak yang tidak hanya untuk konteks lokal ataupun nasional, namun bisa berdampak internasional.
Ke depan, dua universitas ini akan terus bekerja sama dalam berbagai bidang, termasuk psikologi, sosial dan politik, ekonomi dan bisnis, dan teknik. Selain itu, acara ini berfungsi sebagai tempat untuk saling bertukar pemikiran dan inisiasi UNMER Malang untuk memberikan dampak lokal dan internasional. UNMER Malang berupaya memberikan dampak positif bagi masyarakat dan keberlanjutan lingkungan melalui program Kampus Berdampak yang dicanangkan oleh Kementerian Pendidikan Tinggi Sains dan Teknologi (DIKTISAINTEK) Republik Indonesia.
Pewarta : Farikhatul Jannah – Internship Humas UNMER Malang
Editor : Razqyan Jati – Humas UNMER Malang