Berita Terkini 16-01-2017 07:43:05 UNMER berduka, Dekan Fakultas Psikologi Berpulang

Visi dan Misi Pengembangan Universitas Merdeka Malang


Pengembangan institusi UNMER Malang, tertuang dalam RENSTRA UNMER Malang tahun 2006-2015 (Kep YPTM: Kep-01/YPTM/I/2006), dan dirinci dalam Rencana Operasional (Renop) UNMER Malang Periode 2006-2010 dan Periode 2011-2015. UNMER Malang sebagai salah satu penyelenggara pendidikan tinggi mempunyai visi dan misi yang diarahkan pada perbaikan sumberdaya manusia Indonesia agar mempunyai kompetensi untuk bersaing secara global, keinginan tersebut diterjemahkan dalam visi dan misi UNMER Malang yang tertuang dalam Renstra UNMER Malang Periode 2006-2015 yang telah dilakukan perubahan sebagaimana tertuang dalam Renop UNMER Malang Periode 2011-2015 berikut :

Visi Universitas Merdeka Malang:

Menjadi pusat pengembangan IPTEKS, Kewirausahan dan pengembangan sumberdaya manusia yang berkualitas, profesional, kompetitif, mandiri dan berjiwa wirausaha, beriman dan bertaqwa kepada Tuhan yang Maha Esa.

Misi Universitas Merdeka Malang

  1. Menyelenggarakan program pendidikan tinggi yang berkualitas pada jenis program pendidikan akademik, vokasi dan profesi untuk menghasilkan lulusan kompeten pada bidang keahliannya, memiliki softskill yang baik, mandiri dan berjiwa wirausaha serta memiliki integritas pribadi, moral dan etika profesi yang tinggi sesuai dengan tuntutan perkembangan ilmu dan kebutuhan pengguna serta mendukung daya saing bangsa.
  2. Menyelenggarakan kegiatan penelitian dan pengabdian kepada masyarakat yang berkualitas serta menyebarluaskan hasil-hasilnya kepada pihak-pihak yang berkepentingan (stakeholders) untuk mendorong peningkatan image lembaga dan  peningkatkan taraf kehidupan masyarakat.
  3. Menyelenggarakan tata kelola kelembagaan yang menganut prinsip-prinsip tata kelola perguruan tinggi yang baik (good university governance).

Tiga tujuan  yang yang hendak dicapai UNMER Malang sampai tahun 2015 adalah

  1. Meningkatkan kualitas pendidikan untuk menghasilkan lulusan yang kompeten, memiliki softskill yang baik, mandiri dan berjiwa wirausaha, serta memiliki integritas pribadi, moral dan etika profesi yang tinggi sesuai dengan tuntutan perkembangan ilmu dan kebutuhan pengguna serta mendukung daya saing bangsa,
  2. Meningkatkan kualitas kegiatan dan penyebar luasan hasil-hasil Penelitian dan Pengabdian kepada masyarakat guna meningkatkan image lembaga dan meningkatkan taraf kehidupan masyarakat,
  3. Meningkatkan kualitas tata kelola kelembagaan menuju Good University Governance berdasarkan prinsip otonomi, akuntabilitas, jaminan mutu, dan evaluasi yang transparan sebagai bentuk pertanggungjawaban penyelenggaraan pendidikan kepada pihak-pihak yang berkepentingan.

Dalam rangka percepatan pencapaian tujuan tersebut maka selanjutnya dirumuskan sasaran,  strategi, dan program yang memanfaatkan kemajuan teknologi informasi dan komunikasi, dan jaringan kerjasama dengan berbagai pihak yang berkepentingan di dalam maupun di luar negeri dengan prinsip kesetaraan. Rencana Pengembangan Jangka Panjang UNMER dalam rangka mencapai visi dan pelaksanaan misi tersebut, tersusun dalam Strategi dasar pengembangan universitas dalam kurun waktu 2006-2015 (Tahap Pengembangan Kualitas dan Relevansi), dengan 5 aspek pengembangan, yakni:

  1. Peningkatan Kualitas Dan Daya Saing (Relevansi) Lulusan
  2. Penerapan, Pemanfaatan dan Pengembangan Information Communication Technology (ICT).
  3. Peningkatan Layanan Penelitian dan Pengabdian kepada masyarakat.
  4. Pengembangan Jaringan Kerjasama (cooperation networking);
  5. Pengembangan Tatakelola Kelembagaan yang baik (good university governance);

Dalam rangka mewujudkan visi UNMER Malang, dua aspek yang diutamakan yaitu “Aspek Pembinaan Watak“ yang dilaksanakan melalui Program Pembinaaan Watak, dan “Aspek Pembinaan Kemandirian“ yang dilaksanakan melalui Program Pembinaan Kemandirian. Program Pembinaan Kemandirian ditujukan untuk mendidik lulusan agar mempunyai kemampuan berwirausaha yang dapat menciptakan lapangan pekerjaan bagi dirinya dan/atau orang lain serta memberi pembinaan bagi pengembangan usaha kecil. Kebijakan pengembangan Universitas Merdeka Malang dituangkan dalam Renstra Unmer 2006-2015. Secara rinci, strategi dasar kebijakan pengembangan UNMER yang ditetapkan dalam RENSTRA 2006-2015 diuraikan sebagai berikut:

  1. Peningkatan kualitas dan relevansi lulusan. Peningkatan dan penjaminan kualitas akademik dan non akademik yang dirancang dan dilaksanakan dibawah koordinasi Badan Pengembangan Pendidikan dan Penjaminan Mutu (BP3M), sebagai organ yang mengemban fungsi Sistim Penjaminan mutu Internal (SPMI), dalam kerangka peningkatan kualitas yang berkelanjutan (continous quality improvement).
  2. Penerapan/Pemanfaatan Teknologi Informasi dan Komunikasi. Pengembangan Sistim informasi dengan ketersiapan databased yang handal, Garis besar kebijakan penerapan/pemanfaatan Teknologi Informasi dan komunikasi adalah: (1) Peningkatan kualitas SDM melalui peningkatkan pengetahuan dan kemampuan penguasaan teknologi informasi dan komunikasi, (2) Peningkatan kualitas sarana dan prasarana sesuai dengan perkembangan teknologi baik untuk kegiatan akademik (kelengkapan sarana dan prasarana laboratorium, kegiatan pembelajaran di kelas, maupun sistim manajemen akademik, perpustakaan dll) serta kegiatan non akademik melalui pembuatan SIM yang handal, (3) Pengembangan akademik yang berkualitas, legal, serta menjamin dan mendukung perlindungan HaKI melalui penggunaan software operasional sistim dan aplikasi yang berlisensi, (4) Penguatan sistim informasi yang mencakup sistim administrasi akademik, evaluasi penyelenggaraan kegiatan akademik, administrasi keuangan, penyederhanaan birokrasi, administrasi kemahasiswaan serta pemantauan dan penelusuran terhadap alumni secara berkelanjutan.
  3. Peningkatan Layanan Penelitian (Research Services) dan Pengabdian kepada masyarakat (Community Services); Pengembangan penelitian menjadi upaya yang sangat strategis untuk menunjang proses akademik, meningkatkan kompetensi dan relevansi lulusan. Kegiatan penelitian dan pengabdian kepada masyarakat merupakan upaya untuk memberikan wadah untuk experience dan asignment dosen dan mahasiswa dalam upaya peningkatan kompetensi dan relevansi keahlian yang dibutuhkan dunia kerja.
  4. Pengembangan jaringan kerjasama (cooperation networking). Kebijakan membangun jaringan kerjasama dengan institusi pemerintah dan swasta, yang berbasis pada kegiatan pengembangan akademik.
  5. Pengembangan Tatakelola Kelembagaan. Pengembangan tata kelola dilaksanakan dalam rangka penguatan institusi UNMER Malang, yang meliputil (1)  Restrukturisasi organisasi ke arah struktur ramping dan kaya fungsi, yang disertai dengan praktik fit and propper test untuk jabatan strategis dan mempunyai tanggung jawab yang besar, (2) Penguatan leadership commitment guna mewujudkan keterbukaan, otonomi unit, dan penyelenggaraan lembaga yang bersih dan berwibawa. (3) Pembenahan database staff beserta kompetensinya untuk perencanaan karier dan pengkaderan yang sistimatis, dan (4) Perancangan kerjasama tim secara berkelanjutan melalui program capacity building guna membangun kebangganan civitas pada institusi.
       
       

Links of Cooperation Institution :
  • newcastle
  • burapha
  • thammasat
  • win
  • utm
  • murdoch
  • curtin
  • uitm
  • uitm
  • kanazawa
Top
  • Follows us our service
  • Facebook Unmer
  • Twitter Unmer
Today : 585  Current Week : 7,274  Last Week : 23,706  Last Month : 744,723  All Days : 4,886,968  
Download Full Movie
Tempat Wisata di Bali