KEGIATAN SOSIALISASI SIM PENJAMINAN MUTU

KPI PERORANGAN, KPI UNIT, AKREDITASI DAN EVALUASI DIRI

            Dalam rangka persiapan kegiatan tahunan pemilihan dosen berprestasi, tenaga adinistrasi akademik berprestasi dan kaprodi berprestasi dalam rangka memperingati Proklamasi Kemerdekaan maka pada tanggal 20 Mei 2016 telah dilaksanakan sosialisasi SIM Pnjaminan Mutu untuk proram KPI perorangan yaitu KPI Pemilihan Dosen Berprestasi, Pemilihan Tenaga Administrasi Akademik Berprestasi serta Pemilihan Kaprodi Berprestasi. Sosialisasi diadakan di Ruang Rapat Lantai II Kantor Pusat dengan pendampingan dari pihak Sevima selaku vendor SIM Penjaminan Mutu dan tim BP3M Universitas Merdeka Malang. Pemilihan Dosen Berprestasi diikuti oleh 4 orang dosen dan untuk pemilihanTAA Berprestasi diikuti oleh 3 orang tenaga administrasi akademik.

Kegiatan sosialisasi ini dilanjutkan pada tanggal 23 – 27 Mei 2016 dengan materi sosialisasi pengisian SIM Akreditasi, Evaluasi Diri dan KPI Unit Evaluasi Kinerja Program Studi. Kegiatan ini diikuti oleh seluruh Kaprodi, Sekprodi dan tim akreditasi dari seluruh Program Studi yang berada di lingkungan Universitas Merdeka Malang. Pada pelaksanaan sosialisasi ini dilakukan pengisian borang Akreditasi dan Evaluasi Diri masing-masing Program Studi. Selanjutnya dilakukan pula sosialisasi pada para asesor yang terdiri dari para Asesor BAN PT dan para dekan sebagai asesor internal untuk simulasi penilaian borang Akreditasi dan Evaluasi Diri.

Gambar kegiatan sosialisasi


KEGIATAN AUDIT AKADEMIK SEMESTER GANJIL 2015/2016

             Berdasarkan visi dan misi BP3M Universitas Merdeka Malang untuk menjadi pusat pelaksanaan dan pengembangan pendidikan, penjaminan mutu akademik dan non akademik dalam rangka menghasilkan proses pendidikan dan sumber daya manusia yang unggul dan profesional dengan misi untuk mengembangkan sistem penjaminan mutu internal terhadap pelaksanaan standar mutu pendidikan yang telah ditetapkan dan mengembangkan sistem audit dan sistem informasi yang menunjang pelaksanaan standar mutu pendidikan, maka pada tanggal 5 April – 15 April 2016 telah dilaksanakan kegiatan audit akademik di 26 Program Studi di lingkungan Universitas Merdeka Malang.

            Kegiatan audit akademik semester ganjil 2015/2016 merupakan tindak lanjut dari kegiatan koordinasi BP3M dengan TK2A dan GKMF di lingkungan Universitas Merdeka Malang pada awal semester Genap 2015/2016. Tujuan dari pelaksanaan audit ini adalah melaksanakan dan mengendalikan efektifitas, efisiensi dan mutu keberlanjutan sistem penjaminan mutu internal terhadap pelaksanaan standar mutu pendidikan di lingkungan Universitas Merdeka Malang dengan melihat kepatuhan terhadap pengisian 23 formulir yang telah dilaksanakan di semester Ganjil 2015/2016.

            Kegiatan audit ini diikuti oleh seluruh Program Studi di lingkungan Universitas Merdeka Malang dengan baik. Hal ini tampak dari persiapan berkas 23 formulir yang telah disiapkan oleh tim TK2A dan Kaprodi di masing-masing Program Studi. Sebagian besar Program Studi telah melaksanakan 23 formulir dengan variasi prosentase kepatuhan terhadap formulir yang telah ada. Diharapkan dengan adanya audit ini dapat meningkatkan sistem penjaminan mutu internal terhadap pelaksanaan standar mutu pendidikan di Program Studi yang nantinya akan dilanjutkan dengan implementasi SIM Penjaminan Mutu.

 

Foto Kegiatan Audit Akademik Program Studi


KEGIATAN KOORDINASI BP3M DENGAN TK2A DAN GKMF DI LINGKUNGAN UNIVERSITAS MERDEKA MALANG

Mengawali kegiatan di semester genap TA 2016 ini BP3M (Badan Pengembangan Pendidikan dan Penjaminan Mutu) telah mengadakan kunjungan koordinasi ke 6 (enam) Fakultas dan 1 (satu) Program Pascasarjana di lingkungan Uniersitas Merdeka Malang dengan dihadiri oleh Ketua Program Studi (prodi) pada masing-masing Fakultas. Kegiatan ini merupakan salah satu tugas dari BP3M dalam melaksanakan penjaminan mutu secara berkelanjutan dan komprehensif baik dalam bidang akademik maupun non akademik. Koordinasi ini bertujuan untuk menggali informasi dari masing-masing Prodi tentang kinerja TK2A (Tim Koordinasi Kegiatan Akademik dan non Akademik) serta GKMF (Gugus Kendali Mutu Fakultas) dalam pelaksanaan audit SPMI (Sistem Penjaminan Mutu Internal) pada komponen kelengkapan dan kepatuhan pelaksanaan 23 formulir secara administratif.  Melalui kegiatan ini banyak diperoleh informasi dan masukan dari masing-masing Prodi yang perlu dipertimbangkan untuk perbaikan sistem pelaksanaan 23 formulir tersebut, terutama dengan adanya SIM Akademik yang telah diberlakukan pada semester ganjil 2015/2016 yang lalu dan SIM Penjaminan Mutu yang saat ini sedang dibangun. Diharapkan pelaksanaan 23 formulir ini dapat diberlakukan dengan tertib pada semester genap 2015/2016 di seluruh Program Studi, sehingga dapat memenuhi rancangan kebijakan mutu Univesitas Merdeka Malang dalam rangka pelaksanaan sistem penjaminan mutu sesuai dengan Keputusan Rektor Universitas Merdeka Malang, No. Kep 2A/UM/I/2016 tanggal 6 Januari 2016 tentang Kebijakan Mutu Univesitas Merdeka Malang terutama  di bidang pendidikan. Sebagai langkah awal dalam waktu dekat akan dilakukan audit perkuliahan semester ganjil Tahun Akademik 2015/2016 untuk melihat kepatuhan pelaksanaan 23 formulir tersebut.

       
       

Links of Cooperation Institution :
  • newcastle
  • burapha
  • thammasat
  • win
  • utm
  • murdoch
  • curtin
  • uitm
  • uitm
  • kanazawa
Top
  • Follows us our service
  • Facebook Unmer
  • Twitter Unmer
Today : 15,017  Current Week : 135,926  Last Week : 178,942  Last Month : 839,919  All Days : 6,888,672  
Download Full Movie
Tempat Wisata di Bali